Takut Memulai Bisnis? Mungkin Ini Alasan kenapa Kamu Gak Segera Memulai Bisnis

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Makin banyak orang yang pengin banget punya bisnis sendiri. Kerja di sebuah perusahaan sampai tua atau jadi kutu loncat nampaknya sudah bukan sesuatu yang menarik.

Tapi, kenyataannya memulai bisnis gak semudah menggoreng tempe mendoan. Lalu apa sih sebenarnya alasan utama yang menyebabkan seseorang gak segera memulai bisnis?

[Baca: Kreatif Dong Ini Strategi Menghadapi Tantangan Bisnis Masa Kini]

Elite Business melakukan penelitian tentang hal tersebut loh. Ada 5 hal yang mereka duga sebagai alasan kenapa kamu gak bisa segera memulai bisnis.

1. Gak Memiliki Panutan

Punya role model atau panutan itu adalah hal yang baik loh. Dengan begitu kita jadi punya panduan. Emang sih punya panutan bukan hal yang paling penting untuk memulai bisnis. Tapi, bukan berarti gak boleh ada ya.

Permasalahan yang sebenarnya kita hadapi adalah ketakutan. Takut apa? Ya ngerasa takut karena gak memiliki pengetahuan dan kepercayaan di dalam diri untuk berhasil.

Jangan kelewat khawatir dong. Coba ikut seminar atau pelatihan dari pebisnis yang sudah sukses sebelumnya. Pelajari cara-cara untuk memenangkan persaingan bisnis.

takut memulai bisnis
Siapa sih yang gak tahu sepak terjang almarhum Om Bob Sadino?

Atau kalau gak punya banyak waktu, bisa kok membeli dan mempelajari online seminar yang dibawakan oleh Guy Kawasaki dalam The Essential Guide to Entrepreneurship by Guy Kawasaki. 

2. Merasa Belum Siap Memulai Bisnis

Saat ditanya siap atau gak, banyak pebisnis sukses yang memulai bisnisnya dalam kondisi yang sebenarnya juga belum siap 100%. Kapan sih kita siap memulai bisnis? Kapan siap menikah? Kapan siap mandiri? Jawabannya pasti gak tahu kan. Kita hanya menjalankan saja (just do it).

Ketakutan kita sebenarnya saat akan memulai bisnis adalah gak siap untuk menanggung kegagalan.

Banyak sekali pebisnis di dunia ini yang pernah mengalami kegagalan. Pebisnis yang belajar bisnis di sekolah dan di dunia nyata sudah jelas berbeda. Mereka yang belajar bisnis di sekolah akan diajarkan teori baru kemudian diuji. Sebaliknya dengan mereka yang belajar bisnis di dunia nyata. Ujian dulu baru kemudian mendapat jawaban.

Kamu harus tahu bahwa kegagalan itu ada untuk dihadapi dan bukan untuk dihindari.

[Baca: Sudah Sering Pasang Iklan Online tapi Bisnis Gak Moncer Mungkin Ada yang Salah]

3. Kurang Percaya Diri

Kurang rasa percaya diri sebenarnya adalah bentuk asli dari rasa ketakutan. Kita kurang percaya diri karena takut gagal. Padahal menurut Mahatma Gandhi, apa yang kita percayai bisa mempengaruhi masa depan loh.

takut memulai bisnis
Yaelah si mbak, galau mulu, sendirian aja di pojok hehehe

Jika kita mempercayai bahwa kita gak percaya diri, ya yang akan terjadi di kemudian hari adalah kita menjadi orang yang gak percaya diri. Jika kita mempercayai sebuah kegagalan adalah hal yang buruk (padahal bisa jadi kegagalan bukan hal yang buruk), maka kita gak akan berani mengambil risiko tersebut.

4. Gak Punya Skill Menjalankan Bisnis

Kemampuan atau skill menjalankan bisnis seharusnya gak didapatkan hanya dengan membaca buku atau lulus kuliah. Membaca buku dan lulus kuliah memang membangun wadah atau context.

Namun terkait dengan isi atau konten, setiap calon pebisnis harus berani mencoba, berani melakukan kesalahan dan mau belajar dari kesalahan-kesalahan yang dibuat.

5. Gak Punya Modal

Banyak orang menunda memulai bisnis karena masalah modal atau gak memiliki akses. Mungkin saja itu alasan yang tepat untuk orang-orang zaman dahulu, namun bukan untuk orang-orang zaman sekarang.

Sebenarnya banyak loh orang-orang yang memiliki uang di luar sana, yang bisa mendanai bisnis kita. Pertanyaannya apakah kita yakin dan berani untuk meminta pendanaan?

Nah, masalah yang sebenarnya kita hadapi adalah takut gagal dan menghilangkan uang orang lain. Iya kan? Jika kita berpikir seperti itu, maka kita gak akan pernah bisa berhasil menjalankan bisnis deh.

takut memulai bisnis
Jangan kalah sebelum berperang ya

Setiap investor selalu memahami risiko yang dihadapinya dalam menjalankan bisnis. Mereka juga tahu banyak bisnis yang mengalami kegagalan, dibandingkan bisnis yang berhasil. Jika mereka merasa ide bisnis kita terlalu berisiko, mereka juga gak akan mau berinvestasi kok.

So, gimana nih? Sudah mulai memahami kan alasan-alasan yang bisa dibilang kendala kita dalam memulai bisnis.

[Baca: Inspiratif 5 Pengusaha Sukses yang Memulai dari Bawah Tanpa Modal Gede Loh]

Dari penjelasan di atas, pada dasarnya alasan utama yang menyebabkan seseorang sulit memulai bisnis karena mindset mereka yang salah. Mereka masih mengalami takut gagal, takut kehilangan uang dan takut menghilangkan uang orang lain.

Ubah cara pikir itu, berpikirlah nothing to lose dan bekerja maksimal. Itulah hal yang benar. Selamat mencoba.

 

 

 

Image Credit:

  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZUfty9FTpCu-sKnejTWZgioX8RSenLrnH9-4SnH8Q0FD95PdJL1OvNAKpAf8Ax0no4N68mLKu5DdzTXgxNxIJ_8IHojlEi8ltiy88nyP-ifKS3-AIrp0EjpSBQg48QFTf9CAtm-kpHnc/w1200-h630-p-nu/9+Kiat+Sukses+Bob+Sadino+dalam+Berbisnis+Bagi+Pemula+lisubisnis+bisnis+muslim.jpg
  • http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650×325/2014/04/cara-mengatasi-masalah-kurang-percaya-diri.jpg
  • http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1091693/big/040296500_1450771301-steps-e1433349922400.jpg

0 Response to "Takut Memulai Bisnis? Mungkin Ini Alasan kenapa Kamu Gak Segera Memulai Bisnis"

Post a Comment