Simak 6 Bisnis Waralaba Ini Kalau Mau Nambah Penghasilan Bulanan

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Banyak orang ingin memiliki bisnis mereka sendiri. Sah-sah saja kok itu. Tapi, banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum menjalankan sebuah bisnis. Tanyakan kepada diri sendiri, apakah kita sudah memiliki pengalaman berbisnis sebelumnya.

Sistem bisnis adalah salah satu elemen paling vital dalam berbisnis. Pikirkan kemampuan kita dan tim dalam mengembangkan sistem bisnis apakah sudah matang.

Ada sih cara mudah memulai bisnis, yaitu dengan mencoba bisnis waralaba. Banyak keuntungan dari sistem bisnis yang satu ini. Modal gak terlalu besar, biaya trial and error cenderung lebih kecil.

Selain itu sistem bisnis juga sudah jelas dan kita sudah memiliki mentor bisnis (pemilik waralaba atau franchisor).

Hebatnya lagi ada beberapa bank besar (Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA) yang memberikan kredit untuk modal bisnis waralaba.

Sekarang ini banyak kok pilihan waralaba, mulai dari makanan, minimarket, laundry, salon kecantikan, pendidikan, agen perjalanan dan masih banyak lainnya.

Dari sekian banyak jenis bisnis waralaba, berikut 6 di antaranya yang bisa dipertimbangkan.

1. Rumah Makan atau Resto

nambah penghasilan bulanan
Aduh jadi lapar nih lihat bebek dan ayam goreng nyaam! (Rumah Makan / Plasafranchise)

Waralaba yang paling umum dan banyak ditemui adalah waralaba rumah makan. Mulai dari rumah makan nasi goreng, ayam goreng, bebek goreng, rumah makan Padang hingga waralaba rumah makan berbau luar negeri (sushi, steak, udon).

Biaya untuk memulai waralaba makanan juga beragam, mulai dari di bawah Rp 100 juta hingga mencapai Milliaran Rupiah.  

Tahu kan kalau makanan dan minuman itu beragam jenisnya. Ada makanan-makanan yang cocok untuk kalangan anak muda, karyawan dan lainnya. Jika kita sudah memiliki lokasi usaha, survey dulu kira-kira berapa interval harga yang mereka mampu. Sesuaikan dengan waralaba makanan yang ingin dibeli.

2. Minimarket

Kamu punya ruko dengan luas yang cukup lebar? Gak ada salahnya melirik untuk membeli waralaba mini market. Di Indonesia ada beberapa perusahaan yang menawarkan waralaba mini market, dua diantaranya adalah Indomaret dan Alfamart.

Minimarket adalah bisnis waralaba yang ngetrend beberapa tahun belakangan ini. Hampir disetiap sudut tempat, selalu ada minimarket.

Perusahaan-perusahaan minimarket biasanya mengenakan biaya fee sesuai dengan omzet penjualan. Kita gak perlu pusing mengenai tenaga kerja dan sistem. Saat kita membeli waralaba, semua sistem dan orang akan disediakan oleh pemilik waralaba.

nambah penghasilan bulanan
Siapa sih yang gak kenal Alfamart? Sana-sini ada gitu loh! (Minimarket / Okezone)

3. Laundry dan Jasa Kebersihan

Laundry kiloan dan jasa kebersihan (cleaning service) bisa dibilang sebagai bisnis waralaba yang juga cukup populer. Umumnya jasa laundry kiloan ramai di daerah yang  penuh dengan mahasiswa dan dekat kos-kosan karyawan.

Biasanya para karyawan gak memiliki cukup waktu untuk mengurus laundry dan membersihkan baju. Nah di sinilah peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan.

Selain laundry ada juga waralaba yang terkait kebersihan yaitu jasa cleaning service. Saat ini trend di kota besar adalah keluarga-keluarga gak memiliki asisten rumah tangga. Mereka lebih memilih menggunakan jasa kebersihan untuk mengurus kebersihan rumah.

4. Pendidikan dan Pelatihan

Pernah terpikir untuk mencoba bisnis waralaba pendidikan dan pelatihan gak? Sekarang ini banyak loh waralaba yang terkait dengan keahlian seperti les bahasa Inggris, les bimbingan belajar, les renang, komputer, menjahit, menyetir, memasak dan juga pelatihan bisnis.

Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk waralaba pelatihan berada di rentang Rp 100 – Rp 500 juta. Harga tersebut disesuaikan dengan kelas dan kapasitas murid.

nambah penghasilan bulanan
Ayo adik-adik, perhatikan kakak baik-baik ya! (Tempat Bimbel / Ideusahabisnis)

5. Salon Kecantikan, SPA dan Salon Pria

Bisnis terkait kecantikan memang gak pernah ada matinya. Manfaatkan kebutuhan wanita akan tampil cantik dengan menjalankan bisnis waralaba terkait dengan kecantikan. Mulai dari salon, sulam alis, SPA, nail art dan lainnya.

Biasanya pemilik waralaba juga akan membantu mencari tenaga ahli serta memberii pelatihan kecantikan pada staf salon.

Bicara mengenai penampilan, gak hanya wanita saja yang membutuhkan. Pria modern juga sekarang juga memperhatikan penampilannya. Amati deh, sudah banyak sekali barbershop khusus untuk pria. T

Ternyata biaya untuk menjalankan bisnis waralaba barbershop gak terlalu mahal. Walau mencapai ratusan juta Rupiah, tetapi dalam waktu kurang dari 5 tahun sudah balik modal kok.

6. Agen Perjalanan

Bisnis agen perjalanan sekarang ini menjadi bisnis yang sedang happening. Banyak sekali pameran traveling dengan penawaran harga paket perjalanan yang bersahabat.

Manfaatkan kesempatan ini dengan membeli waralaba agen perjalanan. Modal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis waralaba agen perjalanan sebesar Rp 100 – Rp 200 juta.

nambah penghasilan bulanan
Jalan-jalan keliling dunia yuk! (Agen Perjalanan / Panorama-tour)

Lalu bagaimana dengan para pensiunan? Banyak perusahaan yang sudah mulai membekali karyawannya dengan kemampuan berbisnis. Tujuannya agar mereka dapat kembali bekerja sebagai pebisnis saat pensiun dari karyawan.

Menjadi entrepreneur dan memulai bisnis di usia 55 atau 56 tahun, bukanlah hal mudah. Daripada memulai bisnis sendiri, lebih baik beli saja bisnis waralaba.

Ada banyak keuntungan membeli bisnis waralaba, seperti sistem yang sudah siap kerja, sudah ada produk, sudah ada mentor, sudah ada tim untuk mengembangkan bisnis dan lainnya.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Keuntungan Franchise Minimarket di Indonesia Bisa Buat Bayar BPJS Sampai Tiket Kereta Api]

[Baca: Setelah Pensiun Mau Beli Usaha Franchise Cermati Dulu Untung Ruginya]

[Baca: Masalah Sering Dihadapi Entrepreneur dan Gimana Menyiasatinya]

 

0 Response to "Simak 6 Bisnis Waralaba Ini Kalau Mau Nambah Penghasilan Bulanan"

Post a Comment