Beli Barang Lelang Pegadaian Bisa Menghemat Loh, Simak Caranya Nih!

Pegadaian sering menjadi tujuan orang-orang yang sedang berkebutuhan. Gak hanya buat gadai, tapi juga beli barang murah.

Sebagai badan usaha milik pemerintah, keberadaan Pegadaian sangatlah membantu masyarakat. Soal gadai-menggadai, sudah jelas.

Mereka yang lagi butuh duit tunai bisa datang langsung ke Pegadaian untuk mendapat pinjaman. Syaratnya, memberikan jaminan berupa aset sesuai dengan ketentuan.

Emas, misalnya. Daripada menjualnya, orang-orang lebih memilih “menyekolahkannya” di Pegadaian. Nantinya, emas itu bisa ditebus dan kembali ke pelukan.

[Baca: Kenali Jasa Pegadaian Saat Kepepet Duit]

Namun, selalu ada saja orang yang gak sanggup melunasi pinjaman di Pegadaian. Walhasil, jaminan mereka menjadi milik Pegadaian.

Dalam situasi inilah Pegadaian bisa membantu masyarakat yang gemar berburu barang murah. Sebab, Pegadaian akan menjual jaminan itu dengan harga miring.

Barang-barang tersebut dijual dengan cara lelang. Hasil penjualan dipakai untuk menutup dana yang dipinjam oleh nasabah yang gak dilunasi.

Beli Barang Lelang Pegadaian

Maka, jangan heran kalau pas lagi di Pegadaian lihat etalase penuh barang. Di depan etalase, akan banyak orang yang berburu barang murah dari lelang Pegadaian.

[Baca: Kantong Kempes, Kondisi Kepepet? Gadai Barang di Pegadaian Aja]

Yang jadi pertanyaan, bener gak sih harga barang lelang di Pegadaian itu murah? Jawabannya, relatif.

Kalau menurut petugas Pegadaian, harga barang lelang disesuaikan dengan harga di pasaran. Tapi, pada kenyataannya, banyak yang juga dijual di bawah harga pasaran.

Kenapa bisa begitu? Sebab, harga di pasaran bisa berubah tak sesuai dengan saat penetapan harga lelang.

Meski begitu, selisih harganya gak bakal terlalu jauh. Gak sampai jutaan rupiah.

Aturan Lelang di Pegadaian

Untuk beli barang lelang Pegadaian, kita mesti tahu dulu aturan lelangnya. Kita bisa mengunjungi kantor Pegadaian terdekat untuk menanyakan jadwal lelang.

Umumnya, lelang diadakan dua minggu sekali. Namun, tergantung kebijakan tiap unitnya juga. Bisa juga tiap hari ada lelang.

Saat menanyakan soal lelang, jangan lupa tanyakan pula syarat-syaratnya. Biasanya lelang di Pegadaian diadakan secara terbuka dan syaratnya gak terlampau ketat.

Beli Barang Lelang Pegadaian

Tahapannya:

  1. Datangi loket bagian lelang dan minta informasi barang apa saja yang akan dilelang
  2. Ikuti lelang di lokasi yang telah ditentukan
  3. Petugas lelang akan mengumumkan barang yang akan dilelang, termasuk cacatnya dan harga pembukaan
  4. Barang akan diberikan kepada penawar dengan nilai tertinggi setelah hitungan ketiga tak ada yang memberikan tawaran lebih tinggi
  5. Setelah barang didapatkan lewat lelang, selanjutnya adalah transaksi dengan penandatanganan dokumen bukti transaksi

[Baca: Menabung Bisa Pakai Emas Mulai dari 5000 perak? Yuk, Cari Tahu Apa Itu Tabungan Emas]

Tips Ikut Lelang di Pegadaian

Harga barang lelang di Pegadaian memang kadang begitu menggiurkan. Namun, jika berminat mengikutinya, kita tetap mesti menerapkan prinsip kehati-hatian.

Dengan begitu, misi kita berburu barang murah dari lelang Pegadaian bisa terselesaikan dengan baik. Berikut ini tips ikut lelang di Pegadaian:

1. Patok bujet

Saat lelang, bukan mustahil terjadi adu tawar yang sengit. Akhirnya, harga malah melambung tinggi. Kita mesti berpikir dingin saat ikut lelang.

Untuk menghindari kebablasan nawar, sebaiknya patok bujet. Misalnya mau beli emas lelang, tetapkan bujet Rp 5 juta. Jika harga yang ditawarkan lebih dari itu, ya gak usah memaksakan diri.

2. Bidik barang

Tetapkan dulu barang lelang yang akan dibeli. Jadi, gak bingung saat sudah di Pegadaian. Inilah gunanya bertanya ke petugas sebelum ikut lelang.

3. Cari info harga pasaran

Karena misinya dapat barang murah, kita mesti membekali diri dengan info harga pasaran barang incaran itu. Ini dipakai untuk mematok bujet. Jika harga di lelang lebih mahal, mundur saja.

Beli Barang Lelang Pegadaian

4. Pastikan legalitas

Kita mesti memastikan segala hal terkait legalitas barang tersebut tersedia. Misalnya emas, harus ada sertifikatnya. Sepeda motor, harus lengkap surat-suratnya. Begitu juga soal transaksi, harus ada kuitansi dan bukti pembayaran. Daripada kena masalah kemudian.

Itulah sekelebat informasi soal berburu barang murah dari lelang Pegadaian. Gak ada ruginya ikut nyoba. Siapa tahu malah bisa buka usaha online jualan barang second dari barang lelang di Pegadaian.

[Baca: Apa Saja Sih Persiapan Sebelum bisnis Online? 10 Hal Ini Bisa Kamu Terapkan]
Image credit:

  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/07/19/222928/670×335/berburu-barang-lelang-harga-miring-di-pegadaian.jpg
  • http://media.galamedianews.com/news/151030190307-pegadaian-bekasi-lelang-ratusan-emas-milik-nasabah.png
  • http://img.bisnis.com/posts/2015/08/25/465631/perhiasan-emas.jpg

0 Response to "Beli Barang Lelang Pegadaian Bisa Menghemat Loh, Simak Caranya Nih!"

Post a Comment