Biografi Jeff Bezos, Sang Pendiri Amazon, Raksasa E-Commerce Terbesar di Dunia (INFOGRAFIS)

Biografi Jeff Bezos (INFOGRAFIS) – Sudah kenal dengan Jeff Bezos? Ia adalah pendiri dan CEO dari Amazon. Jika ada yang bertanya perusahaan e-commerce yang memiliki reputasi setingkat atau lebih tinggi dari Alibaba maka perusahaan tersebut adalah Amazon. Amazon didirikan oleh seorang pria yang bernama Jeff Bezos dan sekarang dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Dengan semakin terkenalnya Amazon dan semakin populernya nama Jeff Bezos sebagai pendiri Amazon tentu banyak orang yang kemudian ingin tahu seperti apa perjalanan hidup Jeff Bezos dan bagaimana biografi Jeff Bezos. Berikut informasinya untuk Anda tentang biografi Jeff Bezos.

Biografi Jeff Bezos

Pria yang bernama asli Jeffery Preston Jorgensen ini lahir di Albuqureque, New Mexico, Amerika Serikat pada tanggal 12 Januari 1964. Ia merupakan keturunan dari penduduk asli di Texas yang mempunyai lahan seluas 25 ribu hektar dimana pada tahun 2015 Bezos adalah pemilik lahan terbesar di Texas. Ia mendapatkan nama Bezos ketika ibunya kembali menikah dengan seorang pria Kuba yang berpindah ke Amerika Serikat ketika Jeff masih berumur 4 tahun. Masa kecil Jeff sendiri dilalui layaknya seorang anak Texas pada umumnya dimana di musim panas ia membantu kakeknya untuk mengurus peternakan seperti memvaknisasi sapi, dan memperbaiki kincir angin.

Baru di tingkat universitas, rasa cinta Jeff pada bidang komputer mulai terlihat. Ia juga memilih untuk berpindah dari bidang sains ke jurusan komputer dan lulus dengan kehormatan summa cum laude di Universitas Princeton. Alhasil ia memulai karir dengan bekerja di Wall Street dalam bidang komputer dan kemudian bertugas membangun jaringan perdagangan internasional untuk sebuah perusahaan yang bernama Fitel. Ia sempat menekuni beberapa pekerjaan lain sebelum mendirikan Amazon.com pada tahun 1994. Ternyata rencana bisnis yang ia buat untuk Amazon dibuat dalam waktu singkat ketika ia sedang perjalanan dari New York menuju Seattle dengan menggunakan mobil.

Awalnya Jeff menjalankan Amazon sebagai toko buku online dari garasi rumahnya di Seattle. Sebelumnya ia juga telah melakukan riset dengan membuat daftar 20 perusahaan mail order teratas dan mengamati bahwa tidak ada penerbit buku didalamnya. Jeff yang melihat hal ini kemudian sadar betapa besarnya peluang ini dan memanfaatkan teknologi internet, langsung melakukan upaya lobi – lobi dengan beberapa penjual buku. Dengan usahanya ini kemudian Amazon.com mulai melakukan uji coba pada Juni 1999 dan berkembang sampai bisa merambah 45 negara dimana saat ini Amazon.com tidak hanya melayani penjualan buku melainkan juga segala jenis barang yang memungkinkan untuk dijual.

Kesuksesan dari seorang Jeff Bezos sendiri tidak lepas dari investasi awal orang tuanya yang memberikan tabungan pensiun mereka sebanyak $300 ribu pada Jeff. Akan tetapi memang melihat naluri Jeff dalam bisnis membuat orang tuanya menjadi yakin dan hal ini juga terbukti dari nilai kekayaan Jeff saat ini yang mencapai $59,5 miliar.  Dalam biografi Jeff Bezos yang beredar memang memberikan bukti bahwa Jeff adalah salah satu orang terkaya di dunia.

Walau demikian, sempat beredar kabar miring dalam biografi Jeff Bezos karena New York Times pernah menerbitkan kabar yang menyebutkan betapa tidak manusiawinya Jeff Bezos. Kini Jeff tinggal bersama dengan istri MacKenzie Bezos dan memiliki satu anak perempuan dan tiga orang anak laki – laki.

Itulah biografi Jeff Bezos orang terkaya di dunia dan kisah perjalanan kehidupannya. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk menerapkan hal baik dalam diri Jeff Bezos.

0 Response to "Biografi Jeff Bezos, Sang Pendiri Amazon, Raksasa E-Commerce Terbesar di Dunia (INFOGRAFIS)"

Post a Comment