Buat Para Bos Simak 6 Hal Ini Kalau Mau Punya Tim yang Solid dan Sukses

Seorang leader yang baik pasti bakal berusaha mati-matian untuk bisa membuat timnya bekerja dengan hasil optimal. Emang kamu pikir mudah memimpin sekumpulan orang jadi kompak dan solid?

Gak jarang loh target kerjaan gak tercapai bahkan kocar-kacir karena masing-masing anggota tim mau menang sendiri.

Nah, buat para leader, gak usah paranoid. Terapkan hal-hal di bawah ini deh buat membangun tim yang solid dan sukses agar bisa mencapai hasil kerja yang optimal.

1. Faktor Leadership

Untuk bisa memimpin, seorang leader wajib punya faktor leadership dalam dirinya. Punya sikap tegas, berwibawa, bijaksana dan adil kepada semua anggota tim.

Jangan pilih kasih atau membuat kecemburuan atau kesenjangan sosial dengan hanya memberikan perhatian kepada salah satu anggota tim saja dan mengabaikan yang lain.

Beri dukungan dan tawarkan bantuan kepada semua anggota yang pasti akan merasa diperhatikan dan dihargai.

Kerja Tim atau Sendiri 1
Tim yang kompak tentu bakal mendapat hasil terbaik.

2. Tujuan yang jelas

Pastinya harus punya tujuan yang jelas, tim mau mencapai apa atau tetapkan target yang jelas. Leader harus bisa menentukan.

Semua anggota tim harus paham dan memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan mereka. Jangan ada yang saling memaksakan kehendak dan jalan masing-masing. Harus satu tujuan.

3. Komunikasi

Menerapkan komunikasi yang terbuka dan dua arah, termasuk ketika terjadi konflik atau perdebatan yang memanas langsung selesaikan dan jangan malah menjadi bahan gosip dan membentuk kubu yang ujungnya malah memecah belah tim karena mencari keberpihakan.

Ingatkan jika ada anggota tim yang memang melakukan kesalahan dengan cara yang baik dan gak menyudutkan tentu saja. Jangan pelit memuji atau memberikan reward buat anggota tim yang berkontribusi lebih besar dan tampil baik.

Appreciate semua anggota tim yang sudah saling bekerjasama dan bekerja keras bahu-membahu. Jangan ragu memberi saran atau kritik yang siffatnya membangun. Jangan egois, belajar mendengarkan baru berkomentar.

4. Kompetensi

Jeli menyadari kompetensi masing-masing anggota tim dan mampu melihatnya sehingga dalam mengalokasikan tugas dan tanggung jawab bisa ‘the right man on the right place’ alias,gak salah orang. Hasilnya jadi maksimal dan bersinergi atau saling melengkapi satu dengan yang lain.

Sebagai leader, singkirkan sikap sombong atau angkuh. Merasa memiliki skill paling tinggi dibandingkan dengan anggota yang lain lalu memandang rendah anggota tim yang lain. Merasa diri yang paling berkontribusi dalam kemajuan tim.

Pastikan setiap anggota tim bisa melihat kamu sebagai leader yang bijaksana, sehingga mereka juga meniru.

Tim yang Solid dan Sukses 1
Jadi manajer atau bos yang disegani dan dihormati tentu jadi hal yang bagus. (rapat/lowongan)

5. Menentukan Aturan Main Tim yang Jelas

Bekerja sama dalam tim yang ada banyak kepala, opini dan keinginan tentu gak mudah untuk bisa solid dan kompak. Supaya semua merasa adil dan nyaman, usahakan untuk duduk bersama dan sepakat menentukan aturan main tim yang jelas.

Semisal soal toleransi datang terlambat atau gimana kalau lagi meeting lalu ketemu jalan buntu, cara apa yang bakal diambil untuk menghasilkan keputusan. Buat para anggota tim melihat bahwa sebagai leader bisa tegas namun di sisi lain gak tertutup untuk diajak sharing.

6. Menjalin Hubungan

Ada kata pepatah ‘Tak kenal maka tak sayang’. Untuk itu sering-sering buat deh pertemuan baik yang formal maupun gak formal. Bisa santai bisa juga sambil membahas pekerjaan. Supaya satu sama lain saling terbiasa dan gak canggung berkomunikasi.

Jangan hanya menjalin hubungan saat ada kepentingan pekerjaan. Gak ada salahnya kok saling mengakrabkan diri di luar pekerjaan. Pastikan saling mengetahui batasan saja dan bisa menempatkan pada situasi dan kondisi yang pas.

Emang gak mudah menjadi seorang leader yang baik dan bisa membuat timnya solid terus. Akan ada saat-saat di mana perbedaan pendapat atau kesalahan salah seorang anggota tim memicu konflik.

 

Yang terkait artikel ini:

6 Hal Sepele Tapi Justru Bisa Bikin Karier Hancur

Realistis Sama Dunia Kerja Biar Hidup Bisa Sukses

Kerja Tim atau Sendiri, Siapa Takut! Simak yang Ini Deh

0 Response to "Buat Para Bos Simak 6 Hal Ini Kalau Mau Punya Tim yang Solid dan Sukses"

Post a Comment