Yakin Sudah Siap Jadi Pengusaha dan Keluar dari Zona Nyaman Menjadi Karyawan?

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

Setiap manusia yang sudah memiliki pekerjaan, apalagi sudah berstatus karyawan tetap pasti akan merasa nyaman. Karena memang kenyamanan dalam dunia kerja menjadi tujuan dari banyak orang. Ditambah lagi dengan gaji yang lumayan, suasana kerja yang asyik dan atasan yang bersahabat. Apalagi yang dicari, iya kan?

Namun, kelemahan dari terlalu nyaman di suatu tempat kerja adalah orang jadi malas untuk mengembangkan kemampuan dirinya lagi.  Berpuas diri begitu saja dengan pencapaian saat itu. “Buat apa sih pengembangan diri wong saya sudah nyaman dengan pekerjaan saat ini kok,” begitu kurang lebih pendapat orang-orang.

Tanpa disadari, zona nyaman alias comfort zone bisa jadi malah menjerumuskan loh. Kok bisa? Coba renungkan dulu deh, apakah penghasilan kamu sudah cukup untuk semua biaya di masa depan? Lalu bagaimana dengan biaya asuransi kesehatan, pendidikan anak dan pemilikan rumah?

Jika semua pertanyaan tersebut masih membuat kamu galau dan gelisah, berarti sudah saatnya kamu berbuat sesuatu. Yup, bangun dan keluar dari comfort zone kamu itu.

Jadi Pengusaha? Kenapa Gak

Oke, kamu pasti sudah sering membaca atau mendengar kisah-kisah sukses para mantan karyawan yang banting setir jadi pengusaha. Tapi ingat, mereka gak sukses dalam semalam. Ada proses dan perjuangan yang kadang berbuah pahit.

Tapi kalau sudah kalah sebelum berperang dan semua gak dijalani dulu bagaimana bisa sukses? Tekad dan semangat baja saja gak cukup. Semua harus dibarengi dengan ketekunan dan inovasi.

siap jadi pengusaha

Tekad besar harus dibarengi inovasi bro, biar unik dan dicari, kayak Mas Gibran iki loh hehehe (Gibran Rakabuming / Klimg) 

Sebelum memutuskan keluar dari zona nyaman dan merasa siap jadi pengusaha, pastikan dulu kamu merenungi beberapa hal ini:

1.Menilai Diri Sendiri

Saat kamu memutuskan untuk keluar dari zona nyaman, pastikan keputusan yang diambil harus berdasarkan kesiapan dan kemauan keras kamu sendiri. Bukan dari saran bahkan paksaan teman atau tetangga.

Nah, apakah kamu sudah siap? Coba tanyakan dulu hal ini pada diri sendiri:

– Pastiin dulu deh bahwa mental kamu memang kuat jika menghadapi kegagalan. Lihat dulu pengalaman kamu sebelumnya dalam menghadapi kritik atasan dan kegagalan dalam pekerjaan.

– Setelah itu lihat kemampuan finansial. Apakah kamu benar-benar siap keluar dari comfort zone dengan keadaan finansial saat ini?

– Pahami juga seluk beluk dunia bisnis. Jangan malas untuk menggali pengetahuan sebanyak mungkin sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis.

– Membangun jaringan atau relasi bisnis itu sangat penting. Gak mungkin kamu terjun ke dunia bisnis tanpa relasi.

2.Jangan Terburu-buru

Kamu gak perlu terburu-buru resign dari perusahaan saat ini. Pikirkan dan siapkan semuanya dengan matang.

Persiapan yang kita bicarakan di sini bukan hanya soal mental tapi juga finansial. Gunakan waktu untuk menyusun strategi bisnis.

3.Minta Masukan

Jangan kelewat sombong atau terlalu percaya diri dan merasa diri sudah pintar. Meminta saran kepada teman atau keluarga adalah sah. Namun keputusan tetap di tangan kamu.

siap jadi pengusaha

Hangout yang positif sesekali serius deh, sharing pengetahuan dan bahas usaha, jangan gosip mulu! (Kumpul Teman / Blogspot) 

4.Siapkan Rencana B

Kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Seperti layaknya dalam film action, sang jagoan selalu memiliki rencana cadangan alias plan B sebelum mengeksekusi suatu misi serangan. Nah, hal tersebut juga bisa kamu tiru loh dalam dunia nyata.

Selalu siapkan diri untuk skenario terburuk. Seperti, bagaimana jika bisnis gagal di tengah jalan? Seberapa siapkah kamu menghadapinya? Dan apa yang harus kamu lakukan untuk menghadapinya.

Menjadi nahkoda di kapal kecil tapi milik sendiri tentu lebih mengasyikkan dan menantang dibandingkan menjadi anak buah di kapal mewah. Tapi yang namanya risiko itu akan tetap ada dan senantiasa siap menghadang kamu. Sudah siapkah kamu?

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kamu Punya Jiwa Pengusaha Ini 8 Cara Menjadi Solopreneur yang Sukses]

[Baca: 5 Kisah Pengusaha UKM yang Sukses Memulai Bisnis Dari Nol]

[Baca: Bikin Bisnis Kok Stagnan Kamu Bisa Tiru Jurus Jitu Mengembangkan Usaha Ini]

0 Response to "Yakin Sudah Siap Jadi Pengusaha dan Keluar dari Zona Nyaman Menjadi Karyawan?"

Post a Comment