Nabung Masih Sebatas Niat? Simak Nih Trik Menabung Uang untuk Si Boros

Artikel Ini dipersembahkan oleh Content Partner Kami, theAsianparent.com

Kaum hawa sering jadi sorotan dalam hal pemborosan keuangan rumah tangga dan sulit untuk bisa menabung. Gak gitu juga sih. Perilaku boros seseorang harus dilihat dari karakter dan pola asuh semasa kanak-kanak.

Nah, perempuan yang sudah berkeluarga seringkali jadi boros diakibatkan faktor luar, misalnya ketidakstabilan harga bahan pokok, adanya pengeluaran di luar rencana, dan lainnya.

Kalau kamu mengakui bahwa kamu termasuk pribadi yang boros, jangan khawatir! Kamu gak sendiri kok. Kalau kita sama-sama memahami tentang manfaat menabung, mengapa harus ragu untuk segera mulai menabung?

Berikut ini beberapa trik menabung uang buat yang merasa masih boros dan nabung cuma sebatas niat:

1. Jangan terburu nafsu

Menerima uang kaget setelah mengalami kekosongan uang kas rumah tangga dalam jumlah besar bisa mengakibatkan shock pada sebagian orang. Bukan shock karena sedih, melainkan shock karena terlalu gembira.

trik menabung uang

Mata langsung berbinar-binar deh lihat lembar merah dan biru, hati deg-deg seeerr kayak ketemu gebetan (Rupiah / Googleusercontent) 

Shock kayak gini bakal bikin kamu bernafsu dan menggebu-gebu untuk segera membelanjakan semua uang yang kamu punya. Eits, sabar. Jangan buru-buru pergi berbelanja ke pasar modern begitu menerima uang. Pulanglah ke rumah dan simpan uang kamu baik-baik untuk dibelanjakan keesokan harinya.

2. Tetapkan tujuan

Penghasilan besar tapi masih banyak aja tuh yang gagal menabung bahkan jadi hidup pas-pasan. Hal ini bisa terjadi ketika sepasang suami istri terlalu pasrah menerima keadaan dan gak punya keinginan untuk mewujudkan suatu impian. Semisal, memiliki rumah atau tanah, membeli mobil baru, pergi naik haji, jalan-jalan ke luar negeri dan masih banyak lagi.

Gak ada salahnya kok bermimpi sesekali, asal diimbangi dengan upaya kita untuk meraihnya. Dengan memiliki mimpi maka kita akan termotivasi untuk menabung, meski mungkin merasa berat karena harus melewatkan sale besar-besaran di mal terdekat.

3. Hindari stress

Bukan rahasia lagi kalau perempuan dapat menjadi seorang shopaholic dan sekaligus si pemboros. Hal ini terjadi saat mereka mengalami stres akibat pekerjaan maupun masalah keluarga. Perempuan dengan karakter temperamental mudah mengalami hal ini dan akibatnya mereka juga sulit  menabung.

Buat kamu yang punya sifat tersebut, jangan bepergian ke mal maupun supermarket ketika suasana hati sedang galau bila gak ingin kehabisan uang di pertengahan bulan.

trik menabung uang

Ayo bu dibeli aja semuanye, mumpung diskon eyaaaa (Diskon Belanja / Blogspot) 

4. Bergaul dengan orang-orang yang tepat

Kenyataan tinggal di wilayah perumahan yang ibu-ibu tetangganya selalu heboh dan saling bersaing memamerkan benda-benda mahal. Si ibu A mendadak membeli televisi baru begitu mengetahui ibu B baru saja membelinya.

Si ibu C selalu ikut-ikutan membeli bakso ketika ibu D yang tinggal di seberang jalan sedang membeli bakso. Hidup bertetangga memang perlu dan wajib hukumnya. Hanya saja, lebih selektif lah dalam bergaul jika gak ingin terpengaruh gaya hidup mereka dan kembali gagal menabung.

5. Kurangi menonton televisi

Ketika anak-anak dan suami meninggalkan rumah untuk aktifitas rutin mereka, seorang ibu rumah tangga mungkin hanya akan berteman dengan televisi sepanjang hari. Televisi selalu dihiasi promosi produk-produk baru yang diiklankan sedemikan rupa supaya kita tertarik membelinya.

Jangan lupa dan terlena ya. Kenyataan itu seringkali berbeda jika dibandingkan dengan iklan yang kita lihat. Bagaimana kita bisa menabung jika setiap kali tergiur rayuan iklan?

trik menabung uang

Emang gak pedes tuh mata di depan televisi 24 jam, nah loh begadang dong! (Nonton TV / Tstatic) 

Jangan hanya duduk menonton televisi ketika gak ada sesuatu yang dikerjakan. Isilah waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, misalnya membaca buku atau mencoba resep masakan baru. Nah, selamat mencoba!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Susah Banget Mau Nabung Nih 9 Modus Buat Kamu yang Gak Pernah Bisa Nabung]

[Baca: 5 Cara Ini Bisa Diterapkan Buat Kamu yang Bergaji Rp 2 Juta Agar Bisa Menabung]

[Baca: Mana Lebih Baik Menabung di Reksa Dana Tiap Bulan atau Sekali  Taruh]

0 Response to "Nabung Masih Sebatas Niat? Simak Nih Trik Menabung Uang untuk Si Boros"

Post a Comment