7 Kebiasaan Keuangan yang Dianggap Sepele Tapi Bisa Bikin Dompet Morat-marit

Yang namanya urusan duit emang gampang-gampang susah. Semua terasa gampang pas lagi ada duit. Tapi sebaliknya, perasaan jadi gak karu-karuan kalau dompet lagi tiris.

Hidup memang gak boleh diperbudak uang. Tapi faktanya hampir semua hal butuh duit.

Biar hidup gak melulu didikte sama duit, sudah saatnya kita pandai mengatur keuangan pribadi. Caranya gampang kok. Mulai saja dari kebiasaan keuangan yang dianggap sepele ini:

1. Nyepelein Pemakaian Listrik

Kadang orang sering abai soal pemakaian listrik. Contohnya aja charger handphone atau laptop dibiarin tercolok ke stop kontak walau gak dipakai, AC dibiarin hidup pas rumah lagi kosong, atau TV gak dimatiin pas tidur.

Hal-hal sepele kayak gitu ternyata bisa ngaruh ke tagihan listrik. Meski gak kerasa, tagihan listrik yang makin gede bakal ngaruh banget ke kantongmu.

[Baca: Cara Hitung Tagihan Listrik Biar Tarif Listrik Turun Ada Efeknya]

Kebiasaan Keuangan yang Dianggap Sepele
Mentang-mentang duit banyak terus gak aware soal konsumsi BBM

2. Memboroskan BBM

Tahu gak nih, menurut sebuah survei potensi kerugian yang dialami warga Jakarta mencapai Rp 29.7 triliun per tahun akibat konsumsi BBM selama macet. Wakwaw!

Harga BBM memang turun sejak beberapa waktu lalu. Tapi bukan lantas kamu bisa boros seenak perut dong.

Kemacetan emang bikin stress. Tapi coba deh pertimbangkan untuk memakai transportasi publik. Gak perlu setiap hari juga, tapi paling gak dalam seminggu kamu bisa memakainya 2 atau 3 kali.

Pertimbangkan lagi deh kalau mau jalan-jalan setiap weekend. Daripada buang-buang uang dan tenaga, cobain aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di rumah.

[Baca: 7 Aktivitas Saat Weekend yang Bisa Bikin Kita Maksimalin Keuangan]

3. Males Membandingkan

Biasanya orang cuma mau yang gampang dan praktisnya doang. Mereka enggan membandingkan sesuatu karena alasan waktu.

Tapi coba deh mulai bijak dalam menentukan segala sesuatunya. Contoh gampang sih ketika kamu pengin membeli sebuah gadget. Jangan cuma tergiur fitur dan model saja. Tapi luangkan buat membandingkan satu merek dengan yang lain. Daripada nyesel dan rugi belakangan, mending sedikit repot di depan.

Kebiasaan Keuangan yang Dianggap Sepele
Lebih enak mana sih, belanja pake tunai atau kartu kredit?

4. Sering Pakai Duit Pecahan Besar

Buat berjaga-jaga, biasanya kita suka ngantongin duit pecahan gede di dompet. Tapi dibalik rasa aman yang semu tersebut, kamu justru bisa terjerumus dalam keborosan loh.

Psikologi paling gampang sih, ketika kamu jajan dengan uang pecahan besar, kamu bakal ngerasa masih punya duit yang cukup. Terus ngelupain deh bujet yang udah kamu bikin. Ujung-ujungnya baru nyadar pas dompet makin tipis.

5. Malu Sama Duit Recehan

Orang jaman sekarang, kalau dikasih kembalian receh pasti suka nolak. Kalau gak ya itu duit receh bakal dihambur-hamburkan secara gak jelas. Kalau gak bisa menghargai yang kecil gimana kamu bisa menghargai yang besar?

[Baca: 5 Tips Mengatur Keuangan Biar Kamu Gak Parno Lagi Sama Tanggal Tua]

6. Gak Ngecek Tagihan Kartu Kredit

Suka pakai kartu kredit? Biasain dong selalu mengecek tagihan secara teliti. Bandingkan juga dengan tagihan bulan lalu. Kalau bulan ini ternyata belanjamu agak tinggi, pasang komitmen deh untuk mengurangi pengeluaran di bulan berikutnya.  

Kebiasaan Keuangan yang Dianggap Sepele
Kalau pas lagi ada promo tapi pengeluaran sudah kepalang tinggi, ya jangan dipaksain

7. Gak Memanfaatkan Promo

Masih soal kartu kredit nih. Kalau lagi ada promo ya kenapa gak dimanfaatkan. Misalnya saja lagi ada cicilan 0% untuk tiket pesawat atau diskon 10% untuk belanja di supermarket, sayang banget kan kalau cuma dicuekin.

Keuangan yang sehat emang sebaiknya dibangun dari hal-hal yang kecil dulu. Gak usah muluk-muluk pengin investasi yang gede-gede dulu deh kalau ternyata masih gak bisa menghargai uang.

CTA Banner Bank Mega CC

 

Image credit:

  • http://omegamobil.com/asset/uploads/2012/08/tips-hemat-bahan-bakar.jpg
  • http://cdn-2.tstatic.net/palembang/foto/bank/images/uang_20150829_133931.jpg
  • http://img.bisnis.com/posts/2016/07/02/563468/kartu-kredit.jpg

0 Response to "7 Kebiasaan Keuangan yang Dianggap Sepele Tapi Bisa Bikin Dompet Morat-marit"

Post a Comment