Di Indonesia, 6 Bisnis dan Kerja Sampingan Ini Bisa Laris Jelang Halloween

Perayaan Hari Halloween di Indonesia juga gak kalah ramai dengan di luar negeri. Itu artinya, besar banget kemungkinan buat kamu untuk bisa cari duit dengan memanfaatkan momentum ini.

Halloween adalah suatu perayaan yang dapat dijumpai di sejumlah negara pada tanggal 31 Oktober. Pada hari tersebut, masyarakat mendedikasikan diri untuk mengenang orang yang telah meninggal dunia.

Tradisi ini Halloween diperingati dengan pesta topeng. Di luar negeri, anak-anak kecil di malam hari Halloween selalu berjalan dari rumah ke rumah dengan kostum Halloweennya dan meminta semacam kue atau makanan untuk ditukar dengan do’a (trick or treat).

Tradisi trick or treat yang ramah anak ini sayangnya gak populer di Indonesia. Karena Halloween di Indonesia justru lebih erat dengan bisnis ketimbang tradisi. Momentum itu justru ramai dengan acara dugem yang dibarengi dengan pesta kostum di lounge favorit.

Itu sebabnya, ada beberapa profesi atau usaha yang bisa kebanjiran rezeki menjelang Halloween. Pengin tahu lebih lanjut? Simak ulasannya di sini yuk.

1. Party planner

Menjadi perancang pesta alias party planner tentu bisa sangat menguntungkan menjelang Hari Halloween

Menjadi perancang pesta alias party planner tentu bisa sangat menguntungkan menjelang Hari Halloween. Bisnis ini juga gak butuh modal besar, bahkan ada yang sempat bilang kalau bisa dimulai tanpa modal sekalipun.

Mereka yang memiliki usaha ini memang bakal berkutat dengan dekorasi. Dan biasanya, gak cuma romantic dinner, bridal shower, atau hari ulang tahun yang butuh dekorasi. Perayaan Halloween juga kaya akan dekorasi bukan?

Cobalah untuk menawarkan jasa kamu ke pihak-pihak yang memang ingin membuat pesta Halloween. Mungkin mereka mau bikin pesta kostum atau mau romantic dinner dengan tema Halloween.

2. Make up artist dan hairdo

Profesi make up artist alias MUA juga laris lho menjelang Halloween

Profesi make up artist alias MUA juga laris lho menjelang Halloween. Pasalnya, gak sedikit orang yang mau tampil maksimal ketika datang ke pesta kostum. Terutama buat mereka yang ingin menggunakan face paint di wajah.

Gimana caranya bisa maksimal kalau dia saja gak bisa merias wajahnya sendiri hingga jadi seram?

Tentu saja salah satu caranya adalah mendatangi para MUA dan menyewa jasa mereka. Kesimpulannya, usaha ini memang gak hanya populer untuk acara nikahan atau fashion show saja. Halloween juga pasti menguntungkan.=

Selain wajah, rambut juga terkadang harus dimodifikasi biar makin keren. Oleh karena itu jasa MUA dan Hairdo tentunya bakal laris menjelang perayaan yang satu ini.

3. Penyewaan kostum

Sewa kostum

Gak cuma yang berprofesi sebagai badut saja yang butuh kostum. Di Hari Halloween, bisnis mereka bisa laris karena banyak orang yang mau ke pesta Halloween tapi gak mau ribet.

Itulah sebabnya, mereka memilih jalan pintas untuk menyewa kostum saja di tempat penyewaan. Selain praktis, tempat penyewaan juga sudah memiliki koleksi kostum yang cukup beragam.

Ada kostum superhero, setan, vampire, bajak laut, hingga tokoh-tokoh lainnya. Terkadang, mereka juga menyiapkan properti seperti topeng, dan lainnya.

Biaya sewa itu sendiri berkisar antara Rp 200 hingga Rp 300 ribuan lho. Artinya gak murah juga.

4. Penjual topeng

Penjual topeng

Lain halnya dengan kostum, kita tentunya cukup sering melihat aksesoris topeng yang dijual menjelang Hari Halloween di mall. Itu artinya, mereka yang menjual topeng bisa untung besar juga seperti halnya MUA dan Hairdo.

Sejatinya, seseorang memilih menggunakan topeng karena gak mau ribet soal make up dan sebagainya. Kadang gak semua orang mau pakai make up karena kulitnya sensitif, atau karena memang gak pernah di make up sama sekali.

Topeng yang bagus tentu harganya mahal, bisa sampai Rp 500 ribu atau Rp 1 jutaan. Tapi setelah perayaan ini selesai, barang itu bisa dikoleksi oleh pemiliknya.

5. DJ

DJ

Berhubung Halloween di Indonesia identik dengan yang namanya pesta, profesi ini tentu bakal sangat dibutuhkan. Gak ada DJ ya gak bakalan seru dong pestanya.

Apalagi di saat ini musik bergenre Electro Dance Music (EDM) emang lagi laris di kalangan millenials. Profesi DJ sejatinya gak cuma putar musik doang lho, mereka harus menyamakan beat hingga transisi lagu yang diputar berlangsung dengan pas. Tantangan jadi DJ sejatinya gak jauh beda dengan musisi. Atau bahkan bisa lebih parah lagi.

Seorang DJ juga harus bisa melek semalam suntuk dan harus tetap enerjik. Belum lagi ketika ada di klub dia mau gak mau jadi perokok pasif juga.

6. Pengusaha cake

Kue Halloween

Bisnis cake juga bisa laris saat Hari Halloween, asalkan kamu tahu cara yang tepat untuk memasarkan produkmu.

Beberapa di antara kamu tentu tahu bahwa cake adalah bisnis yang menjanjikan sampai kapanpun. Gak cuma cake ulang tahun, cake juga bisa didesain dengan tema Halloween.

Gimana caranya agar cake tematik itu bisa laris menjelang 31 Oktober?

Tentu saja caranya dengan memanfaatkan iklan di medsos terutama Instagram. Posting saja cake Halloween kreasimu dan upload di akun tersebut. Selain menggunakan hashtag, jangan lupa juga untuk mengiklankan postingan itu agar bisa viral.

Itulah enam usaha dan kerja sampingan yang bisa laris menjelang Hari Halloween. Tertarik untuk mencoba salah satu di antaranya? (Editor: Winda Destiana Putri).

0 Response to "Di Indonesia, 6 Bisnis dan Kerja Sampingan Ini Bisa Laris Jelang Halloween"

Post a Comment