Bergaji Rp 5 Miliar per Tahun, Segini Total Kekayaan Sri Mulyani

Pernah jadi salah satu petinggi di World Bank alias Bank Dunia, berapa sih gaji Sri Mulyani yang menambah harta kekayaannya? Saat menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani santer disebut bergaji sampai Rp 5 miliar per tahun.

Lahir tahun 1962, kiprah Sri Mulyani sangat sukses di akademis dan pemerintahan. Seusai menyelesaikan studi di Universitas Indonesia dan University Illinois di jurusan ekonomi, Sri Mulyani emang aktif sebagai ekonom. Bahkan, suaminya juga seorang ekonom.

Namanya melejit sejak ditunjuk jadi menteri keuangan di era Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2005. Sederet prestasi ditorehkan oleh Sri Mulyani.

Sri Mulyani (IG smindrawati)
Sri Mulyani (IG smindrawati)

Salah satu yang paling awal adalah dari majalah Euromoney dengan prestasi Euromoney Finance Minister of the Year.

Setelahnya, ada banyak prestasi lain yang disabet wanita asal Bandar Lampung tersebut. Tentu aja, termasuk mencapai pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 6,6 persen. Angka tersebut tertinggi sejak krisis finansial 1997 hingga 1998.

Masuk Forbes dan direkrut Bank Dunia

Sri Mulyani bersama Direktur IMF Christine Lagarde (IG smindrawati)
Sri Mulyani bersama Direktur IMF Christine Lagarde (IG smindrawati)

Sri Mulyani pada tahun 2008 didapuk sebagai wanita paling berpengaruh urutan ke-23 di dunia dalam daftar Forbes. Predikat tersebut tentu sekaligus menjadikan Sri Mulyani sebagai wanita paling berpengaruh di Tanah Air.

Gak salah bila di tahun selanjutnya, Sri Mulyani diangkat lagi jadi Menteri Keuangan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 2009. Hampir setahun jadi Menteri Keuangan, Sri Mulyani pun direkrut Bank Dunia.

Tepatnya pada tanggal 5 Mei 2010, dia menjadi salah satu dari tiga pejabat Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Pengunduran diri tersebut ternyata berpengaruh terhadap situasi ekonomi di Indonesia. Salah satunya, penurunan stock exhange sampai dengan 3,8 persen. Bahkan, nilai rupiah turun 1 persen dibandingkan dengan dolar.

Kejadian tersebut disebut-sebut sebagai “kerugian Indonesia, dan keuntungan dunia”.

Gajinya disebut-sebut mencapai Rp 5 miliar per tahun

Sri Mulyani (IG smindrawati)
Sri Mulyani (IG smindrawati)

Saat menjabat sebagai Direktur Pelaksana di Bank Dunia, gaji Sri Mulyani disebut-sebut mencapai Rp 5 miliar per tahun.

Melihat gaji tersebut, tentu cukup banyak yang penasaran sama total kekayaan Sri Mulyani, bukan?

Gak sulit kok buat tahu total kekayaan Sri Mulyani. Kamu bisa lihat data di LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara. Di sana dijembrengin aset berupa tanah, dan bangunan mencapai Rp 30,2 miliar.

Gak cuma investasi di properti aja,Sri Mulyani juga berinvestasi pada logam mulia sebanyak Rp 100 juta. Ada pula barang seni sebanyak Rp 50 juta, dan benda lain sejumlah Rp 261,5 juta.

Selain investasi dalam bentuk logam mulia dan barang antik, dia  juga berinvestasi pada surat-surat berharga. Boleh banget nih ditiru cara investasi salah satu ekonom terbaik Indonesia tersebut.

Ibu tiga anak itu punya surat berharga yang bisa jadi berbentuk saham senilai Rp 10,2 miliar. Kemudian, yang paling fantastis adalah giro senilai Rp 4,08 miliar!

Kalau ditotalkan, harta kekayaan Sri Mulyani mencapai US$ 45,022 miliar. Wah, pasti dia jago banget berinvestasi dengan pendapatan yang dimilikinya!

Sri Mulyani (IG smindrawati)
Sri Mulyani (IG smindrawati)

Asal tahu aja, gaji Sri Mulyani saat menjabat sebagai Menteri Keuangan cuma di angka Rp 5 juta aja. Plus, tunjangan juga cuma Rp 13 juta. Jadi, bisa dibilang, sumber kekayaan terbesarnya bisa jadi berasal dari profesi dia sebagai ekonom.

Sempat jadi direktur pelaksana Bank Dunia juga turut memberi penghasilan cukup besar. Gimana gak, rata-rata per bulan yang diterimanya saat menjabat di Bank Dunia hampir setengah miliar!

Mantap deh menteri keuangan yang satu ini!

Langkah Sri Mulyani kembali ke Indonesia tentu layak dapat apreasiasi. Padahal, secara personal, gaji Sri Mulyani di luar negeri tentu jauh lebih besar. Sukses selalu buat Sri Mulyani! (Editor: Chaerunnisa)

0 Response to "Bergaji Rp 5 Miliar per Tahun, Segini Total Kekayaan Sri Mulyani"

Post a Comment