Kenali P2P Lending Aman, Mudah, dan Menguntungkan di Indonesia

Seiring tumbuh pesatnya perkembangan industri Financial Technology atau yang biasa dikenal dengan Fintech membuat tidak sedikit orang mulai membangun startup teknologi finansial, termasuk P2P lending, market aggregator, hingga investasi. Dari yang mulanya hanya menyentuh sektor kecil, sekarang beberapa Fintech yang ada di Indonesia sudah menyentuh sektor berskala besar.

Dengan berbagai macam jenis teknologi finansial yang berkembang sekarang, Peer-to-Peer (P2P) Lending bisa menjadi pilihan kamu.  Dalam hal ini, kamu harus mengetahui mana P2P Lending yang aman, mudah dan menguntungkan.

Nah, baru-baru ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendapati setidaknya ada 227 platform Fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending yang tidak terdaftar dan tak memiliki izin resmi dari OJK. Karena itu, OJK menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap adanya penawaran layanan pinjam-meminjam uang tanpa adanya izin dari OJK.

Sebelum kamu melakukan proses transaksi dengan teknologi finansial yang ada saat ini, sebaiknya kamu harus memahami secara jelas mengenai apa P2P Lending itu. Peer-to-Peer (P2P) Lending merupakan suatu layanan jasa finansial yang mempertemukan seorang pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman untuk melakukan transaksi pinjam meminjam berbasis teknologi informasi.

Cara Kerja Peer-to-Peer (P2P) Lending

Apa itu p2p lending?
Apa itu p2p lending?

Terdapat dua pihak yang berperan dalam proses transaksi dari P2P Lending ini. Kedua pihak tersebut adalah peminjam (borrower) dan pemberi pinjaman (lender). Masing-masing dari pihak tersebut memiliki perannya lebih jelasnya di bawah ini:

  • Peminjam (Borrower)

Peran dari Borrower dalam proses transaksi P2P Lending ini adalah untuk mempersiapkan segala dokumen yang akan mereka unggah untuk proses pengajuan pinjaman yang dilakukan secara online. Pada tahap proses ini permohonan peminjaman dapat diterima dan tentunya bisa pula ditolak, ini tergantung dari beberapa faktor.

Jika proses pengajuan pinjaman ditolak, maka peminjam harus memperbaiki segala hal yang jadi permohonan pinjaman yang diajukannya ditolak. Sebaliknya apabila diterima, pengajuan yang Ia lakukan akan muncul pada marketplace yang disediakan oleh platform tersebut. Tujuannya, agar para pemberi pinjaman bisa melihat usaha yang dilakukan si peminjam.

  • Pemberi Pinjaman (Lender)

Untuk seorang Lender, mereka akan mendapatkan akses untuk melihat segala data pengajuan pinjaman pada dashboard yang disediakan oleh platform tersebut. Data seperti berapa jumlah pinjaman termasuk tenor dan bunganya, riwayat keuangan, tujuan pinjaman, pendapatan peminjam serta alasannya.

Jika Lender memilih untuk mendanai ke pinjaman A, maka Lender dapat langsung memberi sejumlah dananya setelah melakukan proses deposit/topup sesuai yang telah ditentukannya sendiri.

Setelah itu, Borrower akan mencicil dana yang mereka pinjam setiap bulannya dan Lender akan mendapatkan imbal hasil yang nilai persentasenya sama dengan bunga yang dibebankan kepada Borrower.  

Keuntungan Bagi Peminjam (Borrower)

  • Proses pengajuan pinjaman melalui P2P Lending tidak seformal layaknya mengajukan pinjaman di bank. Prosesnya juga lebih mudah dan cepat. Persyaratan dari pengajuannya juga lebih gampang dipenuhi untuk persetujuannya
  • Untuk agunan lebih fleksibel di beberapa P2P Lending, atau tidak harus berupa tanah dan bangunan. Bahkan, ada yang menerapkan tanpa agunan untuk pengajuan pinjamannya

Keuntungan Bagi Pemberi Pinjaman (Lender)

  • P2P Lending sudah resmi diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lewat peraturan OJK nomor 77/POJK.01/2016
  • Suku bunga pinjaman yang diterima memiliki nilai yang lebih menguntungkan
  • Memudahkan Lender untuk mendiversifikasikan dananya dalam memberikan pinjaman melalui platform P2P Lending sehingga kesempatan untuk mendapatkan keuntungan menjadi lebih besar

Mulai Investasimu Dengan Investasi P2P Lending

Ayo mulai investasi dengan p2p lending!
Ayo mulai investasi dengan p2p lending!

Untuk itu kenali P2P Lending secara jelas agar tidak ‘terjebak’ dalam proses transaksi yang kamu lakukan secara online. Dalam berinvestasi kamu harus memilih platform P2P Lending yang mudah, aman dan menguntungkan. Platform P2P Lending Akseleran bisa menjadi solusi finansial kamu. Dengan nilai investasi mulai dari Rp100 ribu kamu bisa mendapatkan imbal hasil sebesar 18%-21% per tahun. Khusus untuk kamu hari ini, bisa menggunakan kode referral Money100 untuk mendapatkan saldo gratis investasi senilai Rp100 ribu.

Sebagai contoh, pada bulan November ini kamu melakukan investasi di Akseleran senilai Rp5 juta untuk berinvestasi selama 3 bulan dengan imbal hasil 18% per tahun. Maka imbal hasil yang kamu dapatkan setelah 3 bulan menjadi senilai Rp5.225.000. Dari imbal hasil yang kamu terima tersebut, kamu mendapatkan keuntungan lebih senilai Rp153.125 dibandingkan kamu berinvestasi dengan deposito yang memiliki imbal hasil 5,75%. Oleh karena itu, Akseleran merupakan P2P Lending yang mampu memberikan kemudahan, keamanan, dan keuntungan dalam berinvestasi.

Sudah Resmi dan Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Akseleran juga sudah terjamin keamanannya, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, Akseleran sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Akseleran juga berbeda dengan P2P Lending lainnya yang ada saat ini. Pasalnya, lebih dari 99% nilai portofolio pinjaman Borrower memiliki agunan sehingga memberikan rasa aman yang lebih besar kepada setiap Lender yang memberikan pinjamannya. Jadi, dengan keamanan ini membuat Akseleran dipercaya lebih dari 81.000 pengguna dan juga telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp175 miliar kepada 363 pinjaman.

Sekarang sudah tahu kan banyaknya keuntungan di P2P Lending Akseleran, Jadi tunggu apalagi! Untuk mengakses Akseleran, selain dari website www.akseleran.com  juga bisa dengan mengunduh aplikasi Akseleran di Play Store untuk perangkat Android atau di App Store untuk perangkat iOS. Yuk, persiapkan investasi masa depan kamu di Akseleran sekarang juga. Untuk kamu yang tertarik mengenai investasi bisa langsung menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Faizal (+62858-83821591) atau Christopher (+62818-767784) atau bisa via email [email protected]

Sumber Artikel: Tim Akseleran

0 Response to "Kenali P2P Lending Aman, Mudah, dan Menguntungkan di Indonesia"

Post a Comment