Pakai 5 Cara Nabung Ini, Kamu yang Gaji UMR Bisa Raih Kebebasan Finansial

Jangan lekas putus asa kalau kamu dapat gaji UMR. Sekalipun nilainya kecil, kamu tetap bisa kok raih kebebasan finansial. Caranya pun terbilang sederhana, yaitu dengan menabung.

Hah? Emangnya gaji UMR masih bisa buat nabung ya? Tentu aja bisa dong… Lagian juga selama ini sulitnya menabung itu terjadi karena ada kekeliruan dalam mengatur uang. Jadi gak terkecuali buat yang gajinya besar juga lho ya.

Sebenarnya nih, menabung itu adalah cara menjaga kondisi keuangan biar tetap sehat. Idealnya, 20 persen dari gaji yang kamu terima dialokasikan ke sini.

Tampak sulit sih, tapi pengin gak pengin emang harus dimulai.

Nah, lewat cara unik berikut ini, siapa tahu kamu jadi terbiasa menabung atau malah makin bersemangat. Apa aja caranya? Yuk disimak.

1. Uang receh

gaji umr
Uang receh

Menyimpan uang receh itu emang malesin banget. Saking ogahnya dengan uang receh, gak sedikit orang yang menaruhnya di sembarang tempat dan akhirnya hilang gitu aja.

Namun, cara pandangmu bakal berubah gitu tahu ternyata uang receh bisa jadi modal buat melanjutkan pendidikan hingga beli sepeda motor.

Seperti pasangan Ernawati dan Eko Margono dari Magetan. Mereka nabung uang receh hingga terkumpul  Rp 42 jutaan. Recehan yang mereka simpan di kaleng cat kemudian dijadikan modal beli Kawasaki Ninja 250 cc buat anak mereka.

2. Dari hari ke hari selalu ada yang ditabung

gaji umr
Nabung tiap hari

Kalau langsung menyisihkan 20 persen buat menabung dirasa berat, gimana diubah aja menjadi tiap hari? Katakanlah gaji UMR itu Rp 3,7 juta. Itu berarti nabungnya sebesar Rp 740 ribu tiap bulan. Kalau dibikin per hari, nabungnya menjadi cuma Rp 25 ribu.

Dengan gaji Rp 3,7 juta, menabung tiap hari sebesar Rp 25 ribu bukanlah perkara sulit buat dilakukan. Tentu gak berasa berat dong?

3. Mulai menabung emas

gaji UMR
Nabung emas

Menabung itu gak melulu dalam bentuk uang. Ada yang namanya menabung emas. Tentu aja menabung ini lebih untung dan terjamin aman.

Belum lagi nabung emas itu gak bakal terancam yang namanya inflasi. Beda sama tabungan biasa yang bunganya masih kalah dengan angka inflasi.

Zaman sekarang, nabung emas itu bisa dimulai dengan modal Rp 50 ribu aja lho. Jadi sistemnya seperti cicil. Waktu udah minimal satu gram, bisa dicairkan deh.

Tiap kali gajian menyisihkan Rp 50 ribu bukanlah hal yang berat pastinya buat kamu sekalipun bergaji UMR. Coba deh berpikir jauh ke depan tentang keuntungan yang bakal diterima.

Buat gambaran aja nih. Harga emas per gram tahun 2016 itu Rp 588 ribu. Kini harganya udah Rp 640 ribu. Dengan kata lain, ada peningkatan nilai selama dua tahun terakhir.

4. Tabungan rencana

gaji UMR
Tabungan rencana

Kadang ada situasi di mana kamu yang punya gaji UMR udah susah payah menabung, eh tahu-tahunya ludes gara-gara gak bisa menahan diri buat beli yang sebetulnya gak butuh.

Solusinya, kamu bisa mencoba tabungan rencana.

Ada beberapa keuntungan yang kamu bisa rasakan dari tabungan ini.

  • Bunga jelas lebih tinggi dari tabungan biasa
  • Jangka waktunya lama dari satu hingga 20 tahun
  • Dana tabungan diambil otomatis (autodebet) dari tabungan reguler
  • Dapat asuransi cuma-cuma

Setoran rutin tabungan rencana pun gak berat-berat amat kok. Kamu bisa setoran rutin mulai dari Rp 100 ribu.

5. Ikut arisan

gaji UMR
Arisan

Ternyata nih, ikut arisan itu banyak untungnya lho. Gak cuma mempererat komunikasi, kamu bisa menabung buat tujuan finansial ke depan.

Coba deh bayangkan. Kamu bersama temanmu ikut arisan, terus sepakat kalau setoran arisannya Rp 200 ribu per bulan.

Misalnya aja kamu dan temanmu berjumlah 20 orang. Dana yang dikumpulkan buat arisan udah Rp 4 juta. Dikocok terus namamu yang keluar, kamu udah terima Rp 4 juta saat itu juga.

Untung banget kan?

Nah, percaya kan sekarang kalau dari gaji UMR aja kamu masih bisa nabung?

Asal tahu aja nih, berapa pun nilainya, gak ada halangan bagi kamu buat menabung. Jadi, meski cuma terima gaji UMR, masih bisa kok buat menabung dan raih #MerdekaFinansial.

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

0 Response to "Pakai 5 Cara Nabung Ini, Kamu yang Gaji UMR Bisa Raih Kebebasan Finansial"

Post a Comment