Gini Lho Caranya Kalau Pengin Hemat Bujet Traveling, Dijamin Gampang Deh

Cukup banyak orang yang mempersepsikan kegiatan traveling sebagai kegiatan buang-buang uang. Gara-garanya nih, banyak uang yang terkuras selama traveling. Padahal, ada beberapa tips keuangan yang bisa diterapkan buat menghemat pengeluaran traveling lho.

Emangnya tips-tips keuangan kayak gitu beneran ada ya? Bukan tipu-tipu, kan? Tenang, tips-tips ini kalau diterapkan bisa bantu kamu buat hemat pengeluaran traveling nanti.

Pengin tahu apa aja tips-tips keuangannya? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini seperti yang dikutip dari BankBazaar.

Baca juga: Gak Bikin Kantong Jebol! Penginapan di Bali Ini Gak Sampai Rp 150 Ribu

1. Perkirakan berapa besar biaya yang dikeluarkan selama traveling

Perhitungkan biaya perjalanan. (Shutterstock)
Perhitungkan biaya perjalanan. (Shutterstock)

Inilah kesalahan yang sering dilakukan orang-orang ketika hendak traveling, yaitu gak memperkirakan berapa besar biaya yang bakal dikeluarkan. Bikin bujet sebenarnya bisa menjadi solusi supaya pengeluaran gak besar-besar amat.

Lagian, bikin bujet itu gak susah-susah amat kok. Kamu bisa mulai dengan menghitung pengeluaran-pengeluaran yang menjadi prioritas, baru kemudian menghitung pengeluaran-pengeluaran yang lain. Misalnya aja mulai dari harga tiket, tarif penginapan, biaya makan, dan sebagainya.

Pastikan semua pengeluaran, termasuk yang kecil sekalipun, masuk dalam susunan bujet. Dengan begitu, kamu jadi tahu berapa besar uang yang harus disiapkan. Kalau bisa, potong pengeluaran-pengeluaran yang gak perlu supaya hemat.

Baca juga: Tak Kie: Kedai Kecil Klasik yang Melegenda di Tengah Menjamurnya Bisnis Kopi Kekinian

2. Punya kartu kredit? Manfaatkan dengan benar-benar

Manfaatkan kartu kredit. (Shutterstock)
Manfaatkan kartu kredit. (Shutterstock)

Banyak promo kartu kredit yang menguntungkan lho buat traveling, mulai dari promo pembelian tiket pesawat, pemesanan penginapan, hingga promo makan.

Kalau punya kartu kredit, pertimbangkan deh buat memanfaatkan keuntungan-keuntungan tersebut. Keuntungan yang diterima bakal lebih banyak kalau kamu memiliki kartu kredit khusus travel. Dari kartu kredit tersebut, kamu bisa dapat untung kalau naik pesawat terbang.

Cukup banyak bank yang menerbitkan kartu kredit travel, mulai dari bank BCA, Mandiri, Maybank, BRI, Citi, Danamon, hingga HSBC.

Baca juga: Makan Sepuasnya di Hotel Cukup Bayar Rp235 Ribu? Thursday Sizzlin’ Night Aja

3. Jangan lupa pakai asuransi perjalanan

Beli asuransi perjalanan. (Shutterstock)
Beli asuransi perjalanan. (Shutterstock)

Cukup banyak traveler yang menolak beli asuransi perjalanan buat berpergian. Kebanyakan dari mereka menganggap asuransi itu cuma membebani keuangan. Sebab, mereka harus mengeluarkan uang buat bayar premi, sedangkan belum tentu bakal terpakai asuransinya.

Di sinilah orang-orang mengabaikan esensi dari asuransi itu sendiri. Asal tahu aja, sekalinya kamu mengalami kejadian tak terduga, kamu bakal mengeluarkan uang buat menutupi kerugian. Syukur-syukur kalau nilainya kecil, tapi gimana kalau kerugiannya besar?

Dalam situasi yang gak mengenakkan itulah, asuransi berperan dalam meminimalkan kerugian yang dialami. Begitu kejadian tersebut terjadi, kamu bakal terima uang pertanggungan atau UP sebagai ganti rugi. Satu lagi yang perlu kamu tahu, premi asuransi itu gak mahal lho.

4. Tips keuangan buat traveler: Bereskan tagihan dulu baru traveling

Bereskan tagihan dulu baru liburan. (Shutterstock)
Bereskan tagihan dulu baru liburan. (Shutterstock)

Penting banget buat membereskan tagihan yang ada sebelum traveling. Perlu kamu tahu, tagihan-tagihan yang belum dibayarkan bisa membebani lho nantinya. Sebab bisa aja kamu kekurangan dana buat bayar tagihan tersebut begitu jatuh tempo.

Karena itu, perlu dihitung juga alokasi buat pembayaran tagihan. Pastikan pembayaran tagihan ini mendapat prioritas. Setelah itu dibereskan, baru deh susun bujet traveling.

5. Tukarkan uang sebelum traveling

Tukarkan uang sebelum traveling. (Shutterstock)
Tukarkan uang sebelum traveling. (Shutterstock)

Kalau kamu ada niatan buat traveling ke luar negeri, ada baiknya menukarkan lebih dulu uang yang kamu pakai dengan mata uang negara tujuan. Sebab menukarkan di money changer yang kamu temui di jalan-jalan lebih murah biaya tukarnya ketimbang di bandara atau negara tujuan.

Walaupun kecil, bukan berarti kamu menganggap remeh selisih ini. Sekecil apa pun pengeluarannya, lama-lama bisa membesar dan memberi efek signifikan ke pengeluaran lho.

Nah, itu tadi tips-tips keuangan yang kamu bisa terapkan agar pengeluaran selama traveling bisa hemat. Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

0 Response to "Gini Lho Caranya Kalau Pengin Hemat Bujet Traveling, Dijamin Gampang Deh"

Post a Comment