5 Website Ini Bisa Bikin CV-mu Menarik, Ada yang Gratis Lho! Coba Yuk

Jika sedang mencari pekerjaan, maka kamu bakalan mengobral diri ke perusahaan-perusahaan yang didambakan. Caranya, ya dengan menuliskan profil terbaikmu dalam suatu resume, Curriculum Vitae atau CV yang menarik, lalu mengirimnya ke email perusahaan tersebut.

CV merupakan lembaran profil berisi dengan deretan data diri. Mulai dari email, telepon, alamat, kemudian ada riwayat pendidikan, di mana kamu menempuh pendidikan SD, SMP, SMA, kuliah, hingga track record kariermu.

Jika kamu memiliki catatan prestasi yang membanggakan kamu berpotensi besar untuk cepat terima panggilan. Tapi, kamu harus bisa menyajikan semuanya dalam bentuk CV yang menarik.

CV yang menarik bakalan membantu kamu biar dilirik HRD saat proses seleksi. Hal itu menjadi nilai plus meskipun track record pendidikan dan karier kamu terbilang memuaskan. Soalnya, kalau CV gak menarik dan aneh, HRD yang lagi menyeleksi juga jadi malas membacanya.

Bagaimana cara membuatnya CV yang menarik? Nah kamu bisa ambil contoh-contoh yang ada di internet. Sudah melihat tapi tetap bingung gimana membuatnya? Kalau kamu bingung dengan format, ukuran font, apa aja yang ditulis, dan menaruh foto di mana, ada baiknya kamu memanfaatkan sejumlah website pembuat CV aja. Selain praktis beberapa di antaranya ada yang gratis.

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

1. VisualCV

VisualCV

Website yang satu ini menawarkan beragam kemudahan buat kamu yang bingung gimana bikin CV yang menarik. VisualCV menawarkan beragam template yang bisa kamu gunakan untuk menyusun profilmu.

Ada banyak template gratis yang bisa kamu manfaatkan. Tapi gak saklek juga, kamu masih bisa kok melakukan modifikasi kolom data dirimu. Misalnya kamu bisa menentukan di mana mau menaruh foto. Setelah di rasa CVmu sudah sesuai selera, kamu bisa mendownloadnya dalam format PDF.

Tapi, namanya gratisan jadi fasilitasnya ya terbatas. Kalau kamu kurang puas dengan template gratisan, bisa kok berlangganan yang premium dengan segudang template menarik seharga US$ 12 atau Rp 167 ribuan per bulannya. Dikutip dari laman resminya, sekitar 3,1 juta orang di dunia telah menggunakan VisualCV.

2. Zety

Zety

Dulu, nama website ini dikenal dengan UptoWork. Gak beda jauh sebenarnya sama VisualCV, mereka menawarkan template-template yang pastinya bikin CV tambah menarik dengan beragam pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera kamu. Bedanya, kamu di sini juga bisa bikin cover letter yang sesuai dengan resume.

Tapi tidak seperti VisualCV yang ada menu gratisannya, buat bikin CV yang menarik di Zety kamu harus bayar. Ada tiga pilihan paket yang ditawarkan. Paket seharga US$ 6,99 atau sekitar Rp 97 ribuan per bulan, kamu bisa mendapatkan 4 template, tapi gak bisa membuat cover letter dari paket ini. Paket seharga US$ 17,99 atau Rp 250 ribuan per bulan dengan 18 template menarik yang bisa digunakan dengan bebas, dan bisa dibagikan secara online ke para pencari karyawan.

Terakhir adalah paket seharga US$ 34,99 atau Rp 488 ribuan tapi berlaku untuk 3 bulan. Sementara fiturnya sama saja dengan paket yang seharga Rp 250 ribuan.

Baca juga: Belajar Kesuksesan Berbisnis dari Sosok Rika Hardjosuwarno, Pemilik Kembang Kencur

3.  Resume.com

Tidak ada ruang kosong dalam CV (Ilustrasi).

Resume.com memiliki beragam template menarik yang bisa digunakan. Cara penggunaannya pun cukup mudah, tinggal tentukan template yang kamu mau, kemudian masukkan data-data yang ingin dicantumkan di CV, lalu tinggal diunduh deh.

Resume.com menawarkan layanan yang gratis dan yang berbayar. Hampir semua template bisa digunakan dengan gratis. Tapi kalau layanan gratis, satu akun cuma bisa menggunakan satu template.

Kalau kamu mau mendobrak keterbatasan itu, kamu harus merogoh kocek untuk membayar layanan premium dengan harga US$ 59,95 atau Rp 836 ribuan. Jika berlangganan premium kamu bisa menggunakan berbagai macam template sesuka hatimu. Dijamin kamu bakal punya CV yang menarik.

Total pengguna resume.com sudah mencapai 4,9 jutaan orang. Per harinya bisa ada 6 ribuan orang yang bikin CV lewat situs ini.

4. Civimi

Civimi

Kalau yang ini website pembuat CV online buatan Indonesia. Ada beragam template yang bisa digunakan. Keuntungannya website ini bisa diintegrasikan dengan perangkat ponsel, jadi kamu bisa bikin CV yang menarik di manapun dan kapanpun.

Caranya kamu tinggal download aplikasinya di Android, tampilannya mirip media sosial LinkedIn, jadi terlihat lebih praktis dan mudah diakses. Kelemahannya fitur kostumisasinya gak sebanyak aplikasi-aplikasi yang lain. Civimi ini juga bisa diakses dengan gratis lho!

Baca juga: Mengenal Sosok Nilam Sari, Wanita Tangguh Dibalik Suksesnya Kebab Baba Rafi

5. Canva

Canva

Canva ini sudah terkenal banget. Gak cuman menawarkan template CV standar, tapi di sini kamu bisa membuat CV dengan desain grafis yang kamu inginkan. Tentunya lebih menarik dari pembuat CV yang lainnya dan ada yang gratis.

Ada sekitar 1.000 template CV dengan grafis menarik yang bisa kamu gunakan. Kalau kamu orangnya rajin, bisa kok mendesain sendiri di kertas A4 kosong, dengan beragam font, warna, latar belakang yang tersedia sesuai dengan selera.

Nah itu tadi beragam pilihan website yang menawarkan pembuatan CV secara mudah dan praktis agar kamu punya CV yang menarik. Karena CV yang menarik itu salah satu aspek yang diperhitungkan oleh HRD. Jadi kalau CV kamu sudah memberikan impresi yang menarik maka potensi kamu untuk lanjut ke seleksi selanjutnya bakalan lebih besar.

Jadi perlu diingat, gak cuman karier dan pendidikan yang moncer buat mendapatkan pekerjaan impian, tapi juga CV yang menarik jadi nilai plus! (Editor: Winda Destiana Putri).

0 Response to "5 Website Ini Bisa Bikin CV-mu Menarik, Ada yang Gratis Lho! Coba Yuk"

Post a Comment