Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook, yang Memilih Drop-Out dari Harvard (INFOGRAFIS)

Biografi Mark Zuckerberg (INFOGRAFIS) – Siapa yang tidak kenal Mark Zuckerberg? pendiri Facebook sekaligus penemu Facebook yang merupakan salah satu situs jejaring sosial nomor 1 di dunia saat ini. Namanya pun berada dalam jajaran orang terkaya di dunia. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak biografi Mark Zuckerberg berikut.

 pendiri Facebook sekaligus penemu Facebook yang merupakan salah satu situs jejaring sosia Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook, yang Memilih Drop-Out dari Harvard (INFOGRAFIS)
Biografi Mark Zuckerberg. Sumber: wired.com

Biografi Mark Zuckerberg

  • Nama Lengkap: Mark Elliot Zuckerberg
  • Nama Populer: Mark Zuckerberg
  • Tempat, Tanggal Lahir:  White Plains, New York, Amerika, 14 Mei 1984
  • Istri: Priscilla Chan
  • Anak: Maxima Zuckerberg, August Chan Zuckerberg
  • Pendidikan: Universitas Harvard (2002–2004)
  • Jumlah Kekayaan: 70,9 miliar USD (2017) Forbes

Nama lengkap Mark Zuckerberg adalah Mark Elliot Zuckerberg. Mark Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984 di kawasan Dobbs Ferry, Westchester Country, New York. Ia merupakan anak dari pasangan Edward Zuckerberg adalah seorang dokter gigi dan ibunya Karen Zuckerberg seorang psikolog. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara. Sejak kecil, Zuckerberg memang suka sekali mengutak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan juga belajar membuatnya. Ayahnya sendiri membekali Zuckerberg komputer sejak ia berusia 8 tahun. Beranjak remaja Zuckerberg menjadi seorang programmer komputer yang cerdas.

Biografi Mark Zuckerberg : Asal Mula Berdirinya Facebook

Mark Zuckerberg adalah anggota Alpha Epsilon Pi, pada awalnya Zuckerberg hanya seorang mahasiswa di Universitas Harvard. Ia kemudian mencoba membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya. Akan tetapi setelah ia membuat sistem tersebut, ternyata semakin banyak saja orang yang mau tergabung di dalamnya. Sehingga sistem tersebut lama-lama telah menjaring universitas terdekat dari tempat kuliahnya dan ini adalah awal dari Facebook yang saat ini kita kenal.

Dari situasi ini Zuckerberg memiliki inisiatif untuk bisa mengembangkan sistem jejaring tersebut, awal mulanya Zuckerberg mengembangkan sistem ini dan memberikan nama Facebook. Zuckerberg bersama teman – temannya kemudian menyewa tempat di Palo Alto, California sebagai lokasi untuk mengembangkan Facebook. Dikarenakan keasyikan untuk mengembangkan proyek Facebook hingga Zuckerberg lupa dengan kuliahnya. Ia pun dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit, yakni antara memilih pendidikannya atau berbisnis proyek yang sedang ia kembangkan.

Biografi Mark Zuckerberg : Memilih Drop-Out dan fokus pada Facebook

Dengan sikap optimis yang tinggi akhirnya Zuckerberg bersama temannya lebih memilih untuk tinggalkan kuliahnya dan berfokus pada proyek Facebook tersebut. dulu, ketika di sekolah menengah Philips Exeter Academy, ia bersama temannya, D’Angelo membuat plug in untuk MP3 Player Winamp. Plug in tersebut adalah program PC atau komputer yang dapat berinteraksi dengan Aplikasi host, seperti halnya website browser atau pun email untuk keperluan tertentu.

Ketika melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, keduanya terpisah, D’Angelo masuk Caltech sementara itu Zuckerberg sendiri masuk Harvard. Di sinilah ia menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online sebab universitasnya tidak membagikan face book pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan diantara mereka. Tapi, tiap kali ia tawarkan diri membuat direktori tersebut, Harvard selalu menolaknya.

Biografi Mark Zuckerberg : “CourseMatch adalah proyek pertama saya”

Walaupun ditolak ia selalu cari cara untuk bisa mewujudkannya tanpa menyerah. Proyek pertamanya adalah CourseMatch yang memungkinkan teman sekelasnya dapat berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. Pada suatu malam di tahun kedua ia kuliah di Harvard, ia menyabit data mahasiswa Harvard dan memasukkan dalam website yang ia buat, yakni Facemash. Karena dianggap mencuri data, Zuckerberg akhirnya diperkarakan. Tapi meskipun demikian ia tidak menyesali tindakannya tersebut. Justru ia membuat website terbaru yakni Facebook. Website ini didirikan pada tahun 2004. Facebook adalah penyempurnaan dari Facemash. Sasarannya tetap sebagi tempat pertemuan sesama mahasiswa di Harvard. Sebagai pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memberikan penjelasan dalam websitenya tersebut bahwa Facebook merupakan salah satu alat sosial untuk membantu seseorang berkomunikasi agar lebih efisien dengan teman, keluarga, maupun rekan kerjanya.

Tak hanya itu, Facebook juga menawarkan navigasi yang mudah digunakan para penggunanya. Setiap pemilik akun memiliki ruang untuk memajang foto pribadi, teman-temannya, network, dan juga melakukan hal lain seperti berkirim pesan dan lain-lain. Luar biasanya lagi, hingga saat ini pengguna Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini sangat banyak dan terus bertambah tiap waktu.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang biografi Mark Zuckerberg, pendiri Facebook. Semoga biografi Mark Zuckerberg ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook, yang Memilih Drop-Out dari Harvard (INFOGRAFIS)"

Post a Comment