Gak Punya Modal Bukan Alasan Buat Gak Membuka Usaha Sendiri, Lakukan Cara Ini Deh!

Membuka usaha sendiri itu memang bagus banget buat belajar mandiri. Entah sampingan atau full time, kalau usahamu ditekuni bukan gak mungkin mengantarkanmu ke podium kesuksesan.

Tapi gak bisa dimungkiri, modal kadang menjadi kendala buat sebagian orang sebelum memulai usaha. Mau minjem orangtua kok takut ngrepotin, minjem ke teman kok gak enak. Mau pakai tabungan pribadi kok ya saldo gak mencukupi.

Kalau masih kepentok sama perkara modal bisa-bisa rencana bisnis malah cuma tinggal angan-angan. Harus berpikir kreatif kalau begini urusannya mah.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mencari modal tanpa harus berutang ke keluarga, teman atau bank. Coba nih simak beberapa cara buat mendapatkan modal usaha tanpa harus berutang.

1. Menabung per minggu dengan kelipatan

Menabung bagi sebagian orang mungkin susah. Makanya butuh kerja keras agar tabungan selalu terisi (bukannya malah berkurang terus).

membuka usaha sendiri

Menabung, gak perlu banyak-banyak asal konsisten (Menabung / finansiala) 

Menabung itu gak harus sebesar 50% dari gajimu. Sisihkan saja sekian persen dari gajimu, misalnya 20%.

Kalau masih gagal juga, ini saatnya kamu mencoba ide yang lebih radikal. Menabung per minggu dengan kelipatan.

Misalnya pada minggu pertama Maret kamu menabung Rp 5000, di minggu kedua kamu menabung Rp 10.000, minggu ketiga Rp 15.000, minggu keempat Rp 20.000. Begitu seterusnya sampai 12 bulan.

2. Membuka garage sale

Pasti ada banyak barang nganggur di kamar atau garasi rumahmu. Selain bikin penuh, barang-barang yang nganggur itu kadang cuma jadi pengumpul debu.

Daripada cuma bikin penuh ruangan, kenapa gak dijual saja lewat garage sale atau online? Lagi pula ruangan bakal lebih menyenangkan kalau lebih lega. Hasil penjualan barang tersebut bakal jadi lumayan buat menambah modal usaha.

3. Patungan

Kalau sudah ada tabungan tapi dirasa masih kurang, kenapa gak coba patungan saja? Bisa kok patungan sama keluarga atau teman. 

Pastikan kamu sudah ada business plan dulu buat lebih meyakinkan mereka. Nanti keuntungan bisa dibagi berdasarkan porsi patungan modal.

4. Ikut Arisan Modal

Daripada nongkrong sana-sini gak jelas, mending manfaatin buat arisan. Bikin aja arisan bareng temen-temen nongkrong, kantor atau tetangga sekomplek. Lumayan lho, misalnya saja arisan per bulan Rp 100 ribu, kalau peserta ada 20 orang, setiap kocokan bisa dapat Rp 2 juta tuh.

5. Kenalan sama Crowdfunding

Punya ide yang kamu anggap luar biasa untuk berbisnis? Coba deh pakai sistem crowdfunding.

membuka usaha sendiri

Untuk mulai memakai sistem crowdfunding, pastikan ide kamu cemerlang (Crowdfunding / edisonawards)

Sistem crowdfunding ini berupa donasi dari orang-orang yang tertarik dengan ide kamu. Untuk memancing minat para donatur, kamu harus menyajikan ide yang unik. Kamu juga bisa memberikan imbal balik berupa diskon, merchandise untuk para donatur yang mendonasikan nominal tertentu.

Ada lima situs crowdfunding di Indonesia yang cukup terkenal. Ohya, sistem ini sudah terkenal di Amerika pada awal 2010-an loh.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kalau Bikin Usaha Sampingan Tapi Mentok, Mungkin Kamu Bisa Coba Cara Ini]

[Baca: Ini Nih Manfaat Garage Sale Buat Menambah Pemasukan Keluarga]

[Baca: Jual Perlengkapan Anak yang Udah Gak Terpakai Buat Tambah Pundi-pundi Buat Anak]

0 Response to "Gak Punya Modal Bukan Alasan Buat Gak Membuka Usaha Sendiri, Lakukan Cara Ini Deh!"

Post a Comment