Kata Mutiara Tentang Manajemen Keuangan yang Bisa Bermanfaat Buat Kamu Nih

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Mengelola keuangan keluarga dan individu bukanlah pekerjaan yang mudah. Kami di Finansialku.com meyakini dalam mengelola keuangan terdapat unsur seni, logika dan ilmu keuangan (personal finance).

Kenyataannya masih banyak orang mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan, bukan karena mereka gak mau, tetapi mereka gak tahu caranya.

Berikut ini 10 kata mutiara tentang manajemen keuangan, yang diberikan oleh para ahli keuangan dunia. Silahkan pelajari, pahami dan praktekkan. Semoga kamu dapat mengelola keuangan dengan lebih baik dan hidup lebih sejahtera.

Mengelola Arus Kas

1. Orang yang dapat mengendalikan arus kas (cash flow), adalah orang yang memiliki kekuatan. – Mark W Boyer

Mark W Boyer menyarankan agar kita selalu memiliki kendali atas keuangan kita. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat anggaran keuangan dan catatan keuangan harian.

2. Hati-hatilah dengan pengeluaran kecil. Keretakan kecil dapat menenggelamkan kapal besar. – Benjamin Franklin

Benjamin Franklin mengingatkan kita agar senantiasa memperhatikan pengeluaran-pengeluaran kecil. Misalnya, pengeluaran untuk parkir, ngopi, bergaul, pengeluaran untuk belanja online dan lainnya. Jangan sepelein pengeluaran kecil kalau rutin bisa bikin bangkrut juga.

kata mutiara tentang manajemen keuangan

Walau cuma seribu perak buat parkir tetep harus dihitung bro!  (Kalkulasi / Bisnisukm) 

Mengelola Utang

3. Jika Anda belum memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan (money management), gunakan kartu debit terlebih dahulu, agar Anda tidak boros dan menumpuk utang dengan kartu kredit. – T. Harv Eker

Kartu kredit bisa diibaratkan pisau bermata dua, artinya kartu kredit dapat membantu kita (diskon, mempermudah pembayaran, penawaran spesial dan lainnya). Tapi juga dapat membunuh kita (utang kartu kredit yang menumpuk).

Banyak orang yang gak bisa memanfaatkan kartu kredit dengan bijak, sehingga akhirnya terjerat dalam utang kartu kredit.

4. Tidak ada jalan pintas, jika Anda ingin keluar dari utang. – Dave Ramsey

Seseorang memerlukan waktu, proses, kesabaran dan strategi untuk dapat keluar dari jeratan utang. Untuk itu gunakan utang untuk kebutuhan-kebutuhan yang produktif.

Utang konsumtif dapat menjadi racun dan menimbulkan masalah keuangan. Sebelum memutuskan untuk berutang, pastikan kita mengetahui cara membayar utang tersebut.

Merencanakan Keuangan

5. Perencanaan keuangan yang benar, seperti membuat anggaran, menabung untuk dana darurat, berinvestasi, menyiapkan biaya untuk masa pension dapat membantu Anda hidup lebih sejahtera, meskipun ada badai keuangan. – Ben Bernanke

Perencanaan keuangan berfungsi sebagai panduan dalam melangkah dan mewujudkan tujuan-tujuan keuangan di masa mendatang beserta strateginya. Tanpa adanya perencanaan keuangan, seseorang akan kesulitan dan gak memiliki arah dalam mengelola keuangannya.

kata mutiara tentang manajemen keuangan

Aduh pusing kepala Babang! Ssusah sekarang, senang kemudian bang hehehe (Mencatat / Cloudfront) 

Selain itu, perencanaan keuangan memungkinkan kita mengetahui kondisi keuangan saat ini.

Menabung dan Berinvestasi

6. Sebelum Anda membayar orang lain (belanja, biaya sewa rumah, cicilan dan lain sebagainya), pastikan Anda membayar diri Anda terlebih dahulu. – Green Stickman

Green Stickman, menyarankan agar kita harus bersikap egois. Sebelum membayar orang lain, bayar diri sendiri terlebih dahulu. Biasakan untuk selalu menabung dan investasi setelah menerima gaji. Jadi, sebelum gaji habis untuk belanja, gunakan terlebih dahulu untuk menabung dan investasi.

7. Bunga ber bunga adalah keajaiban dunia yang kedelapan. Siapa saja yang memahami akan mendapatkannya. Siapa saja yang tidak memahami, akan membayarnya. – Albert Einstein

Bunga (interest rate) adalah senjata yang sangat ampuh. Kekuatan ber bunga dalam investasi dapat membuat seseorang menjadi lebih kaya. Sebaliknya orang yang berutang dan terkena bunga ber bunga dapat menjadi bangkrut. Manfaatkan kekuatan bunga berbunga untuk memaksimalkan kesejahteraan hidup.

8. Semakin banyak uang yang bekerja untuk Anda, semakin sedikit waktu yang Anda keluarkan untuk bekerja mendapatkan uang. – Idowu Koyenikan

Investasi membuat uang kita bekerja untuk kita. Suatu saat setelah investasi kita bekerja, maka gak perlu lagi bekerja untuk mendapatkan pemasukan. Mulailah berinvestasi dengan berinvestasi pada pendidikan keuangan. Ingat, investasi gak melulu pada produk, tapi juga harus memahami strateginya.

kata mutiara tentang manajemen keuangan

Jangan hidup buat hari ini doang bro, besok masa bodo amat! (Celengan / Klimg) 

Literasi Keuangan

9. Ketika berbicara mengenai uang, acuh bukanlah sikap yang baik. Apa yang Anda tidak ketahui dapat menyakitkan Anda. – Sandra S. Simmons

Banyak sekali hal-hal yang perlu dipelajari terkait dengan keuangan. Salah satu contoh, banyak kasus orang kaya yang mendadak bangkrut, karena sakit dan gak memiliki asuransi. Banyak kasus orang-orang masih bekerja pada saat pensiun, karena gak memiliki uang untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu tingkatkan pengetahuan Anda di bidang keuangan.

10. Jangan sia-saiakan kesalahan. Dapatkan pelajaran dan pengalaman dari kesalahan tersebut. – Robert Kiyosaki

Dalam mengelola keuangan, seringkali kita melakukan kesalahan. Salah dalam menentukan strategi investasi, salah dalam mengelola keuangan dan kartu kredit. Bisa juga salah dalam membeli produk asuransi dan lain sebagainya. Cari hikmah dan pelajari dari kesalahan-kesalahan tersebut, karena kita akan jadi orang yang lebih berpengalaman.

kata mutiara tentang manajemen keuangan

Hayooo, jangan berantem, sama-sama belajar dan sharing deh biar gak berantakan (Pasangan / Futuready) 

Kata-kata mutiara tentang keuangan di atas gak akan menjadikan kita sejahtera hanya dengan membaca dan mengetahuinya. Langkah selanjutnya adalah mulai action. Semoga kita dapat hidup lebih sejahtera dan lebih bersyukur.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Belajar Tentang Keuangan Gak Melulu Harus Dari Buku Kamu Bisa Kok Bbelajar Dari 10 Film Ini]

[Baca: Cara Mengelola Utang yang Baik Eh Memangnya Ada Utang yang Buruk]

[Baca: Pilih Mana Nih Menabung Saham atau Investasi Reksa Dana Simak Untung Ruginya Yuk]

0 Response to "Kata Mutiara Tentang Manajemen Keuangan yang Bisa Bermanfaat Buat Kamu Nih"

Post a Comment