Ini Nih 5 Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang Investasi Reksa Dana

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Jadi anak muda gak cuma melulu soal having fun dan melek soal media sosial bro. Gak ada salahnya update juga dong tentang investasi reksa dana. Lalu apa aja sih hal-hal yang anak muda harus ketahui tentang reksa dana?

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termasuk orang muda yang masih tahunya menabung dan deposito? Ubah deh cara kamu berinvestasi untuk dapat segera mewujudkan tujuan keuangan.

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Investasi Reksadana

Usia 20–30an adalah usia di mana banyak sekali keinginan dan tujuan-tujuan keuangan yang ingin diwujudkan. Mulai dari mempersiapkan rumah, dana untuk pernikahan, dana untuk perjalanan ibadah, dana untuk menyekolahkan anak dan lainnya.

Di sisi lain, usia 20-30an adalah usia-usia seseorang merintis karir atau merintis usaha, mungkin penghasilan belum bisa maksimal. Lalu bagaimana cara mewujudkan tujuan-tujuan keuangan tersebut?

Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi, karena berinvestasi memungkinkan uang kamu bekerja untuk kamu. Boleh dibilang investasi adalah cara untuk menambah penghasilan kamu.

investasi reksa dana

Dompet tebal hatipun senang! (Dompet Uang / Alicdn) 

Tapi ingat, jangan sampai kamu melakukan kesalahan fatal pada saat berinvestasi, yaitu berinvestasi tanpa mengetahui cara investasi.

Apapun produk yang dipilih, logam mulia Antam, ORI, Sukri, reksa dana, saham, forex, produk derivative atau lainnya. Hal pertama yang harus kamu pelajari adalah aturan mainnya.

Tujuan utama seorang profesional ketika berinvestasi adalah BERINVESTASI dengan cara yang BENAR, hasil atau keuntungan akan mengikuti.

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Tahu dong dengan pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, nah oleh sebab itu mari kita kenalan dulu dengan reksa dana.

Reksa dana adalah media yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor) untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Sebelum berinvestasi reksa dana kenali terlebih dahulu apa itu NAB, NAB/Unit. Apa saja keuntungan reksa dana dan bagaimana cara memulai reksa dana.

Kamu dapat mempelajarinya dari artikel-artikel di website, buku, seminar atau pelatihan. Setelah itu mulailah beirnvestasi dengan jumlah yang kecil, agar dapat meminimalkan risiko.

investasi reksa dana

Belajar itu gak usah nunggu, banyak jalan menuju Roma mbaksis, masbro! (Berbincang / Kontan) 

Layaknya orang yang belajar berenang, tentu mulai dari kolam yang lebih dangkal, menggunakan ban pelampung dan diawasi oleh pelatih. Nah belajar investasi juga sama, kamu perlu mulai dari jumlah yang kecil, disiplin terhadap aturan dan usahakan untuk berdiskusi dengan orang-orang yang sudah lebih berpengalaman.

5 Hal yang Harus Diketahui Anak Muda, Mengenai Investasi Reksadana

Nah kali ini Finansialku akan membahas salah satu produk investasi yaitu investasi reksa dana. Berikut ini 5 Hal yang anak muda perlu ketahui mengenai investasi reksadana:

1. Investasi reksa dana gak terlalu sulit untuk dipelajari

Mungkin banyak orang yang sudah takut duluan ketika mendengar kata reksa dana. Sebenarnya reksa dana gak terlalu sulit untuk dipelajari, karena sistemnya yang sangat mudah. Sebagai investor, kita mempercayakan perusahaan manajer keuangan untuk mengurus investasi kita.

2. Investasi reksa dana dapat dilakukan mulai dari Rp 100.000

Kamu tahu gak sih kalau investasi reksa dana dapat dimulai dari Rp 100 ribu saja. Setiap bulannya kamu juga dapat menambah investasi dengan kelipatan Rp 100 ribu. Sebenarnya angka tersebut gak terlalu sulit untuk anak-anak muda. Coba hitung berapa uang yang dikeluarkan untuk minum kopi atau ngobrol di café?

3. Investasi reksa dana gak memakan waktu

Investasi reksa dana berbeda dengan jenis investasi pasar modal lainnya, seperti saham atau perdagangan derivative. Kamu gak perlu menatap layar komputer selama berjam-jam, karena laporan kinerja reksa dana

Kamu akan dikirim laporan setiap bulannya melalui surat atau email. Hebatnya saat ini kita dapat berinvestasi reksa dana secara online, sehingga hasilnya pun dapat dengan mudah dipantau.

4. Investasi reksa dana sekarang sudah dapat dilakukan secara online

Sekarang investasi reksa dana dapat dilakuakan secara online, mulai dari mendaftar, membeli reksa dana, mengalihkan (switching), menjual, top-up dan memantau hasil investasi.

investasi reksa dana

Zaman serba online, jangan kudet ya! (Online / Finansialku) 

5. Investasi reksa dana dapat dilakukan dengan otomatis

Terakhir dan yang paling keren adalah, investasi reksa dana dapat dilakukan secara otomatis. Jadi kita bisa menggunakan fasilitas autodebet untuk memaksimalkan hasil investasi kita.

Sekarang setelah mengetahui apa saja keuntungan-keuntungan berinvestasi reksa dana, saatnya kamu take action. Jangan sampai kamu terlambat memulai beirnvestasi dan menyesal di kemudian hari. Ingat sebelum berinvestasi apapun, pastikan kamu mempelajari lebih lanjut mengenai produk investasi, cara dan aturan mainnya.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Gak Ada Investasi Bebas Risiko Bagaimana Kalau Modal Reksa Dana Hangus]

[Baca: Sebelum Beli Simak Tips Simpel Memahami Prospektus Reksa Dana Ini Dulu Yuk]

[Baca: Investasi Reksa Dana Bisa Diwariskan Jadi Makin Cocok Buat Masa Depan]

0 Response to "Ini Nih 5 Hal yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang Investasi Reksa Dana"

Post a Comment