Sunjaya Purwadi Sastra, Dulu Jual Es Lilin Sekarang Bupati Cirebon Berharta Rp 17,6 Miliar!

Setelah Bupati Bekasi, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra jadi perbincangan karena terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Dan setelah ditelusuri, Sunjaya ternyata punya kekayaan yang fantastis yaitu mencapai Rp 17,6 miliar!

Kader PDI Perjuangan ini menduduki kursi bupati untuk periode 2014 hingga 2019. Pria kelahiran 1965 silam itu dikabarkan diduga terlibat dalam kasus suap menyuap jual beli jabatan, dan menerima uang dari pengusaha. Pria yang ditangkap dalam operasi senyap bersama 6 orang lainnya ini langsung dipecat dari PDIP.

Kasus jual beli jabatan yang diduga melibatkan Sunjaya memang bikin ngelus dada. Soalnya, baru sekitar sepekan lalu seorang bupati lain dari Provinsi Jawa Barat, ditangkap karena dugaan kasus suap.

Mendengar fakta-fakta kekayaan Bupati Cirebon ini, bisa jadi kamu makin ngelus dada. Dan tentu saja, yang jadi pertanyaan banyak orang adalah dari mana dia bisa beli aset-aset tersebut karena dia hanyalah kepala daerah tingkat dua.

Sebenarnya, karier moncer yang dimiliki bupati Cirebon terpilih untuk masa jabatan 2019-2024 ini gak didapatnya secara instan. Meski sejatinya Sunjaya adalah putra dari seorang kepala desa yang amat disegani pada pertengahan era 60-an, Sunjaya menjalani masa kecilnya di tengah-tengah keluarga pembantu.

Ya, karena sejak balita dititipkan pada pembantunya, Mbok Jenah, Sunjaya baru tahu kalau dirinya ternyata anak orang penting pada saat masuk sekolah dasar. Alhasil, ia menjalani masa kecilnya seperti anak-anak dari keluarga kurang mampu. Contohnya, ia pernah berjualan es lilin keliling kampung dan sekolahan.

Nah, buat kamu yang ingin tahu soal fakta-fakta kekayaan pria jebolan Universitas Indonesia dan IPDN ini, yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Kekayaannya meningkat Rp 200 juta dalam dua tahun

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)

Menurut catatan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), kekayaan Bupati Cirebon ini pada 2013 tercatat Rp 17,4 miliar. Tapi, pada tahun 2015 sudah jadi Rp 17,6 miliar.

Gak ada informasi juga yang menyebutkan bahwa Sunjaya memiliki usaha atau aset di perusahaan lain. Dikutip dari Wikipedia, hanya sang istri, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E. yang memiliki usaha impor beras warisan dari orangtuanya.

2. Harta terbesar berasal dari sektor properti

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)

Aset termahal yang dimiliki Sunjaya apalagi kalau bukan di sektor properti. Total nilai dari aset properti beliau mencapai Rp 12 miliar! Apa saja ya asetnya?

Kabarnya, dia memiliki 70 bidang tanah dan bangunan di Bogor, Cirebon, Jakarta Timur, dan Bekasi. Hebat ya, tanahnya di mana-mana, ada yang di Jakarta pula.

Walaupun harga tanah di Jakarta Timur cenderung lebih murah ketimbang Jakarta lainnya, tetap saja itu adalah Jakarta yang notabenenya adalah ibu kota yang terkenal dengan harga tanahnya yang tinggi.

3. Punya tiga mobil yang kesemuanya adalah Toyota

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)

Soal mobil, Sunjaya tampaknya gak neko-neko. Dia juga gak tertarik mengoleksi mobil mewah dan lebih memilih untuk membeli mobil Toyota saja yang perawatannya lebih mudah.

Tiga mobil milik Sunjaya nilainya mencapai Rp 500 juta. Mau tahu apa saja?

Toyota Corolla Altis 2008

Mobil bermesin 2ZR-FE 1.8 liter DUAL VVT-i di mobil ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 136 Hp pada 6.000 RPM dan torsi 174 Nm pada 4.400 RPM.  

Buat konsumsi bahan bakar, Altis tergolong cukup irit. Desainnya juga cukup keren dan terkesan mewah, walau gak semewah Camry. Mobil ini kerap jadi mobil dinasnya pejabat bank.

Valuasi Altis milik Bupati Cirebon ditaksir Rp 200 juta.

Toyota Avanza 2006

Mobil sejuta umat ini memang dinobatkan sebagai mobil terlaris kedua per September 2018. Mengapa dia berada di urutan kedua? Ternyata karena nomor satunya adalah Mitsubishi Xpander.

Meski kalah laris, Avanza tetaplah Avanza yang mudah dan murah soal perawatan. Mobil ini juga terkenal dengan keiritannya dalam konsumsi BBM.

Valuasi Avanza milik Sunjaya ditaksir Rp 100 juta untuk saat ini

Toyota Innova 2011

Wah ternyata, Bupati Cirebon ini juga punya Toyota Innova. Innova merupakan mobil keluarga legendaris asal Toyota yang memiliki DNA Kijang.

Sesuai dengan jargon awalnya, Kijang memang tiada duanya, maka Innova pun jadi salah satu mobil berkapasitas 2,0 liter yang paling laris di September 2018.

Valuasi harga Innova milik Sunjaya pun dinilai mencapai Rp 200 juta.

3. Logam mulia

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)

Untuk investasi Sunjaya di logam mulia, kabarnya total valuasinya mencapai Rp 450 juta. Dari Rp 450 juta tersebut, kabarnya beberapa di antaranya ada benda bergerak.

Media gak menjelaskan apa benda bergerak yang dimaksud. Bisa jadi sih motor atau mungkin malah mobil ya.

4. Giro dan kas lainnya

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. (Instagram/@kangsunjaya)

Total jumlah uang di rekening giro dan kas lainnya yang dimiliki Bupati Cirebon ini juga gak sedikit. Kabarnya mencapai Rp 4,6 miliar!

Uang sebesar itu tentunya sudah cukup banget untuk dibelikan sebuah properti di Jakarta. Tapi dari mana ya sumbernya?

Itulah fakta-fakta kekayaan Bupati Cirebon yang sedang ramai diberitakan oleh media. Yah, kita tunggu saja bagaimana kelanjutannya. (Editor: Ruben Setiawan)

0 Response to "Sunjaya Purwadi Sastra, Dulu Jual Es Lilin Sekarang Bupati Cirebon Berharta Rp 17,6 Miliar!"

Post a Comment