Punya Harta Rp 75 Triliun, Ini 5 Pola Pikir yang Bikin Richard Branson Sukses

Sukses itu gak cuma buat dibayangkan, tapi juga dikejar dan diraih. Buat kamu yang udah memantapkan diri ingin jadi orang sukses, kamu perlu tahu nih persiapan apa aja yang mesti dimiliki. Sebagai langkah awal, kamu bisa belajar dari tips-tips sukses yang udah bikin orang seperti Richard Branson bisa sukses membesarkan Virgin Group yang didirikannya.

Walaupun nama Richard Branson gaungnya masih kalah dibandingkan Bill Gates atau Jeff Bezos, sosok yang satu ini punya cerita yang gak kalah inspiratif lho. Asal tahu aja, Branson itu bisa berhasil seperti sekarang bukan karena dulunya lulus kuliah dan dapat predikat cum laude.

Boro-boro lulus, Richard Branson itu malah di-drop out dari sekolahnya di Stowe School. Udah gitu, Branson ini rupanya mengalami kesulitan dalam membaca (disleksia).

Namun, dengan semua pengalaman pahitnya itu Branson gak nyerah gitu aja. Seolah ia tahu kalau dirinya bisa lebih baik dari orang lain, Branson pun terjun ke dunia bisnis dengan mendirikan toko rekaman yang diberi nama Virgin Record.

Perlahan-lahan berkat usahanya, bisnis kecil-kecilan yang dirintisnya sejak 1970 menjelma jadi raksasa bisnis. Sejumlah sektor bisnis digarap Virgin Group, mulai dari bank, buku, maskapai penerbangan, internet, kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satunya yang terkenal adalah maskapai penerbangan Virgin America yang bertarif rendah.

Karena bisnisnya tersebut, reputasi Branson meroket dan uanglah yang ‘mendatanginya’ sendiri. Branson dinobatkan sebagai miliarder dengan kekayaan US$ 5 miliar atau Rp 75 triliun.

Meskipun Richard Branson udah berada di puncak kesuksesan, ia gak pelit membagikan tips-tips sukses yang menjadikan dirinya seperti sekarang. Penasaran apa aja tips-tipsnya? Simak yuk ulasannya.

1. Lakukan yang kamu suka dan wujudkan mimpimu

Setuju gak kalau semangat itu datang karena kamu melakukan hal-hal yang kamu suka? Inilah yang menurut Richard Branson bisa bikin orang menjadi sukses.

Percuma aja orang bekerja capek-capek kalau gak dinikmati. Buat mewujudkan mimpi pun sepertinya juga ogah. Soalnya orang-orang yang gak suka melakukan apa yang dijalaninya sekarang cenderung malas buat melakukan usaha lebih.

2. Jangan sekadar cari untung, tapi lakukan yang bermanfaat

Richard Branson menekankan, usaha yang dijalankan haruslah bermanfaat lebih dulu. Setelah itu, barulah mengejar untung.

Ia bahkan mengatakan, lebih baik jangan buka usaha kalau gak bisa berikan hal-hal positif dari barang atau jasa yang dijual ke masyarakat.

3. Lakukan dengan senang

Gak sedikit yang berpandangan kalau orang yang bersenang-senang dalam bekerja atau berbisnis dianggap sebagai orang yang gak serius. Faktanya, Richard Branson berhasil menjalankan salah satu bisnis yang dianggapnya sebagai bersenang-senang.

Dengan keuntungan yang diraih perusahaannya, Branson memulai bisnis maskapai penerbangan. Menurutnya, bisnis ini bakal menyenangkan. Hasilnya, Virgin Atlantic menjadi salah perusahaan penerbangan terkemuka.

4. Walaupun kecil, ide itu berharga

Buat Richard Branson, ide itu sangat berharga. Sekecil apa pun ide tersebut, jangan sampai hilang karena kamu lupa mencatatnya. Namun, percuma aja dicatat kalau gak dijalankan. Karena itu, Branson mengatakan ide yang udah dicatat tersebut harus dijalankan.

5. Selalu perhatikan karyawanmu

Kesuksesan bisnis itu gak lepas dari kerja tim. Ini bisa dilihat dari seberapa senangnya mereka menjalani pekerjaan mereka.

Makanya Branson mengatakan penting buat mempekerjakan orang-orang yang tepat. Sebab orang-orang yang tepat bakal lebih senang melakukan pekerjaan mereka.

Nah, itu tadi tips-tips sukses Richard Branson yang secara langsung maupun gak langsung bikin Virgin Group bisa besar seperti sekarang. Walaupun sempat punya pengalaman pahit karena di-drop out, Branson bisa buktikan diri bahwa ia bisa sukses. Hebat banget bukan Branson ini?

0 Response to "Punya Harta Rp 75 Triliun, Ini 5 Pola Pikir yang Bikin Richard Branson Sukses"

Post a Comment