Mau Bangun Bisnis? Ini Tips Dari Bos Sepatu Brodo

Memiliki bisnis sesuai dengan minat dan menjadi trend setter di pasar menjadi impian semua orang.

Tapi sebelum membangun bisnis, kamu harus menguasai kiat-kiatnya terlebih dahulu agar bisa berjalan dengan baik dan mampu bersaing.

Muhammad Yukka Harlanda, founder dari merek alas kaki kaum pria Brodo membagikan tips bagi millenial yang ingin membangun bisnis.

1. Jangan Takut

Hal utama dalam membangun bisnis adalah hilangkan rasa takut. Tentu rasa khawatir akan datang, tapi dengan tekad dan keinginan yang kuat rasa takut bisa teratasi dengan sendirinya.

2. Segera Mulai

Kemudian, jika telah memiliki ide harus segera memulai. Sebab jika tidak segera dimulai maka tidak akan terealisasi. Sementara pemilik ide tidak akan pernah mengetahui kekurangan dan kelebihan ide yang dimilikinya jika mereka belum memulai.

“Tetapi yang dimulai ini harus benar-benar emang passion, emang suka, yang kalau nggak dilakukan nggak bisa tidur. Gatel ibaratnya, kalau saya waktu itu kalau bisnis ini nggak dimulai gatel rasanya, pengen coba, dan kalo nggak di jalanin nanti nyesel,” Yukka kepada Moneysmart.id.

3. Jangan Ikut-ikutan

Selain itu, Yukka menegaskan, dalam membangun bisnis jangan hanya ikut-ikutan tren yang sedang populer. Sebab, jika hanya ikut-ikutan maka tidak akan fokus dan hanya sebagai percobaan, jika mengalami masalah tidak akan berjalan kembali.

“Kalau cuma kayanya keren deh punya ini, itu sih jangan deh, karena begitu ketemu masalah pulang nggak kuat. Jadi better start aja dulu, jangan takut gagal, soalnya gagal itu adalah bagian dari perjalanan. Biasanya orang takut gagal gimana, ntar diketawain orang, banyak rasa nggak percaya diri, nah itu justru musuh nomor satu,” kata Yukka.

4. Banyak Belajar

Sebagai pemula, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan sangat bermanfaat, selain akan memberikan pada pengembangan bisnis, mempelajari segala hal akan menambah pengalaman kamu sebagai pengusaha muda.

“Rajin baca buku atau belajar, selalu belajar, kaya cari tau sendiri, berani cari tau, berani belajar, berani gagal, harus memulai secepatnya,” jelas Yukka.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

0 Response to "Mau Bangun Bisnis? Ini Tips Dari Bos Sepatu Brodo"

Post a Comment