Jangan Sampai Tercekik Utang, Ini 4 Ciri Penyedia Pinjaman Uang Terpercaya

Kini, semakin banyak hal yang bisa dilakukan lewat online. Dari mulai belanja, order jasa transportasi, booking hotel, hingga pesan tiket pesawat, semua bisa dilakukan asal ada akses internet. Gak cuma itu, kamu juga bisa menikmati mudahnya mengakses fasilitas keuangan. Salah satu keuntungan yang cukup populer belakangan adalah pinjaman uang online.

Kalau dulu pinjam uang aja mesti datangi bank atau perusahaan multifinance, kini lewat smartphone, kamu bisa ajukan pinjaman. Selain mudah, mengajukan pinjaman uang online pastinya juga efisien, sebab waktu gak banyak terbuang cuma buat urus pengajuan pinjaman.

Namun, di balik kemudahan yang diberikan, kamu juga perlu mewaspadai hal-hal yang sebaiknya dari awal diantisipasi. Apalagi, pinjaman uang online ini asalnya gak melulu dari bank lho.

Kini banyak penyedia pinjaman uang online bermunculan atau yang dikenal dengan sebutan perusahaan financial technology atau fintech. Karena jumlahnya yang banyak itulah, kamu kudu waspada dan selektif sebelum ajukan pinjaman.

Ada beberapa ciri yang menentukan apakah penyedia pinjaman uang online itu terpercaya atau gak. Seperti apa ciri-cirinya? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

1. Penyedia pinjaman uang online yang terdaftar dan terawasi OJK

Instagram/@ojkindonesia
Instagram/@ojkindonesia

Ini paling penting dan harus kamu cek lebih dulu. Salah satu ciri penyedia pinjaman uang online terpercaya itu bisa dicek statusnya di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastikan namanya terdaftar dan terawasi oleh OJK.

Karena fintech menjalankan kegiatan di sektor jasa keuangan, pastinya OJK bertanggung jawab buat melakukan pengawasan. OJK bakal memberi informasi sejelas-jelasnya kepada masyarakat mengenai perusahaan-perusahaan yang udah terdaftar di OJK.

Tentu aja perusahaan-perusahaan yang udah terdaftar di OJK dianggap sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan masyarakat gak usah khawatir dirugikan. Sebab OJK bakal menindak perusahaan-perusahaan tersebut kalau sampai ada masalah.

2. Dapat review atau testimoni positif

Gak cuma meng-install, pengguna aplikasi juga bisa memberi review atau testimoni sebagai kesan mereka selama menggunakan layanan pinjaman. Penyedia pinjaman uang online terpercaya tentu aja bakal memberi testimoni yang bagus-bagus.

Beda dengan penyedia pinjaman yang meragukan atau gak bisa dipercaya. Pengguna tentu bakal menghujani penyedia aplikasi tersebut dengan testimoni-testimoni yang buruk.

Selain testimoni, kamu juga bisa tahu penyedia pinjaman uang online itu terpercaya atau gak dari seberapa banyak bintang yang diberikan di Play Store. Kalau bintang yang diterima aplikasi tersebut banyak, itu tanda awal bahwa aplikasi tersebut bisa dipercaya.

3. Mematok bunga yang terbilang wajar

Sebenarnya masih belum jelas berapa bunga wajar yang harus dikenakan fintech saat memberi pinjaman uang online. OJK sendiri mengaku gak bisa ikut campur terlampau jauh dalam urusan pengaturan bunga.

Terus, gimana tahunya bunga pinjaman yang dipatok wajar atau gak? Mudah kok. Kamu tinggal bandingkan aja bunga-bunga pinjaman yang ditawarkan. Kalau ada satu penyedia pinjaman mematok bunga yang kelewat tinggi dibanding yang lain, lebih baik jangan meminjam dana di situ.

Awalnya aja nanti yang enak dengan pinjam uang di penyedia tersebut. Setelah kredit berjalan, kamu bakal terasa dicekik dengan bunga yang diberikan. Ini sih tanda-tanda kamu udah masuk perangkap rentenir online.

Bunga yang dikenakan pun beragam. Ada yang mengenakan bunga 1 persen sehari, sehingga kalau sebulan jadi 30 persen. Malahan, ada yang mengenakan bunga 1 persen untuk 12 jam lho!. Makannya, harus selektif. Jangan sampai kamu dirugikan karena bunga yang besar tersebut.

4. Telepon cuma buat verifikasi

Bukan cuma saat nagih utang diteleponi terus, ditawari pinjaman uang pun juga gencar banget lho ternyata. Namanya udah jelas-jelas pinjaman uang online. Terus buat apa juga ditelepon dan bertanya-tanya?

Boleh-boleh aja sih menelepon kalau itu sebatas verifikasi. Cuma yang gak wajar itu kalau berkali-kali menelepon cuma buat menawarkan pinjaman. Nah, kalau yang gencar seperti ini patut diwaspadai. Sekalinya terperangkap, kamu bisa jadi sapi perahan nanti.

Itu tadi empat ciri-ciri penyedia pinjaman uang online terpercaya. Walaupun status kita sebagai penerima dana, tetap aja kita kudu waspada agar gak terperangkap bunga pinjaman.

Emangnya kamu mau tiap hari diuber-uber sama debt collector gara-gara nunggak pinjaman? Karena itu, perlu ketelitian saat hendak ajukan pinjaman dengan memperhatikan ciri-ciri di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat!

0 Response to "Jangan Sampai Tercekik Utang, Ini 4 Ciri Penyedia Pinjaman Uang Terpercaya"

Post a Comment