Contoh Essay LPDP dan Cara Menyusunnya.

Contoh Essay LPDP – Dalam semua aplikasi beasiswa, nampaknya essay menjadi hal yang sangat penting dan esensial. Karena lembaga pemberi beasiswa dapat menilai dirimu dari essay yang telah kamu tulis pada saat awal pendaftaran. Dari beberapa lembaga pemberi beasiswa, ada beberapa di antaranya yang menyaratkan membuat dua sampai enam essay. Khusus untuk beasiswa LPDP, mereka hanya mensyaratkan dua essay yang harus kamu penuhi. Antara lain adalah essay Peranku Bagi Indonesia dan Sukses Terbesar dalam Hidupku. Dengan tambahan rencana study S2 atau S3 yang akan kamu tempuh.

Dalam menulis contoh essay LPDP, kamu harus benar-benar jujur, rinci, dan jelas. Contoh essay LPDP yang diharapakn oleh LPDP memang tidak dicantumkan dalam laman web resminya, namun kamu harus mengerti poin-poin apa saja yang harus kamu tampilkan dalam contoh essay LPDP agar kamu mampu menjabarkan dirimu dalam sebuah kalimat dan dapat mempertanggungjawabkannya ketika menghadapi interview.

Berikut hal-hal yang harus kamu tulis dalam contoh essay LPDP

Essay Peranku Bagi Indonesia

 nampaknya essay menjadi hal yang sangat penting dan esensial Contoh Essay LPDP dan Cara Menyusunnya.
Contoh Essay LPDP-Pixabay.com

Peran di Masa Lalu

Dalam menuliskan essay Peranku Bagi Indonesia, LPDP mengharapkan kamu menjelaskan apa-apa saja hal yang sudah kamu lakukan untuk Indonesia baik di masa lalu, sekarang, dan di masa depan. Kamu dapat menuliskan pengalaman hidup yang menurutmu adalah sebuah kotribusi bagi negeri kita ini. Karena setiap orang memiliki peran dan kontribusi yang berbeda-beda sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki, maka jangan berkecil hati jika apa yang dulu kamu lakukan tidak begitu besar. Karena bukankah peran tidak dilihat dari besar atau kecilnya? Melainkan dari seberapa tulus dan manfaat yang dapat dirasakan oleh orang lain.

Peran di Masa Sekarang

Kamu juga dapat menuliskan apa yang sedang kamu lakukan saat ini untuk Indonesia. Hal ini bisa kamu dapatkan dari lingkungan tempat tinggal, pekerjaan, atau kegiatan lainnya. Selama menurut kamu itu adalah hal yang berarti untuk pembangunan Indonesia. Karena sekecil-kecilnya peran mu, tetap dihitung sebagai bagian dari pembangunan negeri ini. Bukankah hal besar selalu berawal dari yang kecil dan konsisten?

Peran di Masa Depan

Untuk penutup essay dalam contoh essay LPDP, kamu dapat menjelaskan mengenai rencana kontribusi mu di masa depan bagi Indonesia. Bisa setelah pasca study atau bisa juga beberapa tahun mendatang dengan menyebutkan tahun, sebab rencana terukur sangat diperlukan karena kamu tidak sedang berhakyal untuk pembangunan Indonesia. Tulislah rencana konkret mu, sesuai dengan kemampuan dan passion mu.

Berikut contoh essay LPDP, Peranku Bagi Indonesia

“Saya adalah orang yang banyak menerima dibandingkan memberikan karena lahir dan besar di keluarga yang sederhana. Salah satu hal yang saya terima dari negeri ini adalah pendidikan, di mana saya dapat menempuh pendidikan hingga S1 berkat beasiswa Bidikmisi, dan hal tersebut telah mengajarkan saya arti dari pemberian yang harus dipertanggungjawabkan bagi sesama.

Banyak menerima bantuan lantas membuat saya berfikir untuk bisa membalas dan berbagi atas apa yang sudah saya peroleh selama ini. Salah satu langkah konkret yang bisa saya lakukan ketika saya duduk di bangku SMA adalah dengan menjadi seorang pengajar ekstrakurikuler Pramuka di beberapa sekolah dasar. Menganggap mengajar adalah hal yang menyenangkan karena selalu mengasah ilmu dan komunikasi, saya melanjutkan kegiatan mengajar ketika menjadi mahasiswa di UIN Jakarta, untuk mejadikan diri ini lebih bermanfaat sesuai dengan “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya”. Sehingga saya memutuskan untuk bergabung sebagai relawan pengajar, Mobil Kelas Berjalan (MKB) di mana kami bergerak bersama untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung dalam hal ekonomi dan mereka yang kehilangan kesempatan belajar karena harus bekerja sebagai pemulung, serta membantu anak-anak yang kurang mampu dalam memenuhi biaya sekolah dengan mencarikan donatur ke beberapa lembaga pengelola zakat. Di sisi lain, saya juga mengikuti Kuliah Kerja Nyata di Bogor dan Jogjakarta selama sebulan.

Selepas kuliah dengan beasiswa Bidikmisi, menyadarkan saya akan tanggungjawab kepada negara yang sudah memberikan beasiswa, sehingga saya memutuskan untuk mengabdikan diri selama setahun di daerah tertinggal sebagai wujud rasa syukur dan terimakasih kepada republik ini. Saya ditugaskan sebagai Pengajar Muda di Desa Muning Dalam, Kabupaten  Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan melalui Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar, di sana saya melakukan pemberdayaan masyarakat, mengajar di sekolah dasar, serta pelibatan masyarakat untuk merubah entitas perilaku dan sama-sama menyadari bahwa pendidikan adalah tanggungjawab kita bersama. Tinggal bersama masyarakat di daerah terpencil yang jauh dari akses transportasi dan komunikasi, mengharuskan saya membina hubungan positif dengan banyak pihak dari tingkat desa,  kecamatan, hingga  kabupaten. Saya mengajak  masyarakat untuk  terlibat aktif dalam melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, pelatihan guru-guru kreatif di kecamatan, pembinaan ekstrakurikuler di sekolah, dan pelatihan untuk murid berbakat dalam bidang sains, olahraga, dan seni. Selain itu, saya bersama Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) melakukan inisiasi lokakarya yang dibungkus dengan tema Kegiatan Bermain dan Belajar (KBB) untuk meningkatkan kualitas guru-guru dalam hal pembelajaran. Materi yang disampaikan terkait pembelajaran kreatif yang berbasis lingkungan yang dikelola oleh guru-guru pembelajar di kecamatan. Saya juga menginisiasi diadakannya pelatihan kesenian daerah seperti tari tradisional, menyanyi  lagu  daerah,  dan  berbalas  pantun  untuk  meningkatkan  pengenalan  dan  pengamalan budaya daerah. Selain suskses dengan menggerakan K3S dan KKG, saya juga mengajak guru serta penggerak lokal yang berlatar belakang dari berbagai profesi untuk melaksanakan Kelas Inspirasi, di mana kami bergerak bersama untuk mewadahi para profesional agar bisa berkontribusi bagi pendidikan di sekolah dasar di kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Meskipun saya telah menyelesaikan pengabdian sebagai Pengajar Muda di kabupetan Hulu Sungai Selatan, namun saat ini saya masih terlibat aktif untuk membina gerakan sosial pendidikan di sana melalui Kelas Inspirasi. Saya mengajak berbagai pihak agar mau berkontribusi dan turun tangan langsung ke sekolah dasar dengan mengajarkan profesi mereka selama sehari. Beberapa pihak yang saya ajak ialah pemuda lokal, pemerintah terkait, para profesional, dan relawan-relawan pendidikan dari berbagai provinsi.

Dari semua proses yang telah saya jalani, menjadikan saya pribadi yang lebih peka terhadap masalah sosial di tengah masyarakat. Termasuk masyarakat di perkotaan yang masih berkutat dengan masalah kemacetan, sehingga saya bermimpi bahwa suatu hari Indonesia mampu menghadirkan transportasi massal yang aman, nyaman, cepat, dan terjangkau sesuai dengan semangat nawacita ketiga, di mana membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Sebagai lulusan Fisika Material, saya ingin bekerja bagi masyarakat dan negara ini di PT. Mass Rapid Transit  (MRT) Jakarta, divisi Reseacrh and Development, di mana saya bisa mengembangkan sistem pelapisan pada rel kereta agar tidak terjadi oksidasi dan korosi sehingga Jakarta bisa memiliki trasnportasi massal yang baik, namun untuk mewujudkan itu semua, saya harus belajar lebih dalam lagi mengenai Fisika Material, khususnya sistem pelapisan di The University of Manchester guna mendukung kemampuan akademis dan pengalaman saya.”

Sedangkan untuk essay Sukses Terbesar Dalam Hidupku

Berikut hal-hal yang harus kamu tulis dalam contoh essay LPDP, Sukses Terbesar Dalam Hidupku

 nampaknya essay menjadi hal yang sangat penting dan esensial Contoh Essay LPDP dan Cara Menyusunnya.
Contoh Essay LPDP-Pixabay.com

Jabarkan Arti Sukses Bagimu

Dengan menjabarkan definisi sukses dalam hidupmu, interviewer akan mudah menilai seberapa jauh persepsi kamu terhadap sebuah kesuksesan. Sehingga kamu dapat menyamakan persepsi dengan interviewer terhadap sebuah kesuksesan. Definisikanlah dengan jelas dan penuh makna.

Jelaskan Suksesmu dengan Rinci

Jika kamu sendiri sudah mengetahui arti dari sebuah kesuksesan, maka kamu akan mudah menjelaskan apakah kamu sudah sukses atau belum?. Jelaskanlah perjalanan hidup mu dalam mencapai sebuah kesuksesan itu sendiri. Bisa kamu jelaskan dari kecil atau mungkin karena sebuah momen tertentu sehingga kamu sadar bahwa sukses bagimu adalah sebuah arti tersendri.

Berikut adalah contoh essay LPDP, Essay Sukses Terbesar Dalam Hidupku

“Sejak kecil hingga lulus kuliah, saya tidak pernah mengerti arti kata “sukses” karena tidak pernah ada indikator yang pasti bagi setiap orang. Sebagian dari kita berfikir bahwa sukses adalah sesuatu yang dapat diukur dengan materi, nilai, pendidikan, bahkan jabatan. Tidak ada istilah benar atau salah dalam hal ini. Pun tidak ada definisi baku tentang kesuksesan. Karena kesuksesan sejatinya dibentuk dari pengalaman-pengalaman setiap individu dan setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang hal ini.

Sering sekali saya bertanya kepada diri saya sendiri “sudah suksesah diriku?” namun saya selalu gagal dalam menentukan apakah saya sudah merasakan sebuah kesuksesan atau malah belum mendapatkannya sama sekali. Saya pernah merasa bahwa pendidikan dan prestasi yang sudah saya peroleh adalah sebuah kesuksesan, namun ternyata sukses ini hanya dapat saya rasakan bagi diri saya sendiri, sementara predikat sukses itu sendiri tidak bisa kita berikan kepada diri kita sendiri karena kita perlu penilai dari luar pikiran dan tubuh kita yang juga merasakan dampaknya.

Namun dari berbagai macam arti kesuksesan itu terdapat suatu benang merah yang bisa ditarik, yaitu sebuah kepuasan dan kenyamanan di dalam hati setelah melakukan suatu pekerjaan dengan perjuangan dan kerja keras. Sehingga pencapaian tersebut benar-benar memiliki makna bagi sesama dan meresap di dalam hati sanubari.

Begitu pula dengan saya. Pengalaman-pengalaman yang telah saya lalui membentuk pemahaman tentang makna kesuksesan itu sendiri. Pada bulan April 2016 saya memutuskan untuk menjadi relawan Pengajar Muda, Indonesia Mengajar, selama setahun di kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Keputusan yang amat sulit bagi pemuda seperti saya, karena saya selalu dipengaruhi oleh lingkungan bahwa sukses adalah tentang materi, sementara menjadi seorang Pengajar Muda adalah sebuah keputusan yang sangat keliru. Di saat para sarjana baru mencari pengalaman dengan bekerja di perusahaan, namun saya malah memutuskan untuk mengabdikan diri di daerah terpencil dan tanpa jaminan materi serta kenyamanan.

Ternyata memang berat menjadi seorang Pengajar Muda, karena saya harus melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan pemberdayaan, mengajar di sekolah dasar, dan pelibatan daerah. Bayangan bahwa tugas akan berjalan mulus dan diterima dengan mudah oleh masyarakat di sana seketika pupus setelah melihat kenyataan di lapangan. Saya mendapat penolakan di desa, tidak memiliki tempat tinggal, bahkan bahan makanan. Hari-hari terasa amat pahit dan pedih hanya untuk melakukan pengabdian ini dan nyaris menyerah pada keadaan.

Hari-hari di penempatan menjadi tantangan bagi saya di setiap detiknya, karena saya harus bermanfaat di tengah masyarakat yang dengan jelas menolak saya, bahkan fitnah dan ancaman pun sering saya terima. Sungguh ini adalah tugas terberat yang pernah saya emban dan hari pun terasa begitu panjang dan lama. Tapi saya menyadari bahwa sukses dalam bertugas adalah prinsip yang harus saya pegang erat, meskipun segalanya dipertaruhkan. Sehingga prinsip ini yang terus memicu saya untuk berfikir dalam mencari jalan dan solusi di pengabdian ini.

Tiga bulan berlalu di penempatan telah mengajarkan saya bagaimana cara mengabdikan diri saya di Hulu Sungai Selatan, saya berproses dengan masyarakat dari bawah hingga mendapat kepercayaan di di kecamatan untuk melakukan banyak perubahan, baik dari segi pendidikan maupun sosial. Tak berselang lama, saya memutuskan untuk melibatkan diri saya di tingkat kabupaten. Di mana saya harus membangun jejaring positif dengan pemuda lokal yang potensial untuk digerakkan dalam menciptakan gerakan sosial pendidikan di kabupatennya sendiri, sehingga lahirlah beberapa gerakan sosial di kabupaten tersebut.

Tak terasa masa pengabdian pun tersisa beberapa hari lagi, di mana saya harus merefleksikan diri saya selama setahun terakhir ini dengan melihat indikator kemajuan di daerah dan juga kematangan pribadi saya yang sudah ditempa selama setahun. Dengan demikian saya menarik kesimpulan, bahwa ternyata kesuksesan yang saya harapkan bukanlah semata tentang materi dan keberhasilan saya sendiri tetapi juga tentang kemanfaatan bagi orang lain meski diri kita dalam kondisi yang tidak ideal.

Saya meyakini bahwa setiap orang dilahirkan dengan sesuatu unik dan khas sebagai pemberi warna dalam kehidupan. Dengan potensi dan anugerah tersebut kita diharapkan mampu menebar kebaikan bagi sesama. Dan kembali kepada pernyataan di atas “sudah sukseskah diriku?”, bagi saya sukses terbesar dalam hidup ini adalah ketika kita mampu memberi kemanfaatan kepada orang lain dengan anugerah potensi yang telah diberikan kepada kita sesuai dengan “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain” dan makna sukses ini akan selalu menjadi haluan hidup saya di setiap perjalanan yang akan saya hadapi.”

Nah, setelah membaca kedua contoh essay LPDP, apakah kamu sudah memiliki gambaran untuk memulai menulis contoh essay LPDP?. Mulai lah dari sekarang untuk menulis contoh essay LPDP, karena contoh essay LPDP merupakan bagian yang paling penting yang harus kamu perhitungkan, sebab interviewer akan bertanya sesuai dengan apa yang kamu tulis dalam contoh essay LPDP mu.

Jangan ragu untuk meminta temanmu untuk mengoreksi ejaan atau kosa kata yang kamu gunakan dalam contoh essay LPDP ini. Namun jangan meminta teman mu untuk merubah esensi atau nilai yang terkandung dalam contoh essay LPDP mu ya. Karena itu semua adalah tentang kepribadianmu, maka tuangkanlah dengan jujur, jelas, dan bermakna. Jika kamu masih ingin mengetahui tips lainnya terkait beasiswa LPDP dan beasiswa lainnya, kamu cukup mengunjungi AkuPaham. Sebab banyak sekali artikel menarik yang akan membantu kamu dalam proses penyusunan contoh essay LPDP.

 

0 Response to "Contoh Essay LPDP dan Cara Menyusunnya."

Post a Comment