Buat Para Entrepreneur, Simak Nih 3 Rahasia Sukses Berbisnis

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Sudah bukan rahasia lagi kalau punya bisnis yang melesat maju bak pesawat Sukhoi adalah impian banyak orang. Tapi, semua juga paham kalau untuk mewujudkannya butuh perjuangan maha dahsyat.

Pengusaha yang berhasil menjalankan bisnisnya pasti punya strategi tertentu selain kerja keras.

Beberapa perusahaan punya performa yang lebih baik dibandingkan perusahaan lainnya. Bisa jadi lebih baik dalam hal inovasi, branding, market share atau kondisi lainnya sehingga perusahaan tersebut populer.

Buat para entrepreneur, simak dulu nih 3 rahasia sukses berbisnis secara umum:

1. Memiliki Competitive Advantage

Competitive advantage dalam hal manajemen adalah daya saing dan keunggulan yang dimiliki perusahaan dan membuat perusahaan lebih unggul dibanding pesaing.

Ada dua jenis competitive advantage, yaitu diferensiasi (differentiation advantage) dan biaya (cost advantage).

Diferensiasi artinya berbeda dan unik. Jadi perusahaan kita harus punya keunikan atau perbedaan dibandingkan pesaing. Semisal pelayanan ramah, cepat, produk nggak ada cacat, pengiriman tepat waktu dan lainnya.

rahasia sukses berbisnis
Adem deh kalau dilayani sama mbak manis yang murah senyum (Melayani Pembeli / Demandstudios)

Cost advantage (keunggulan biaya) merupakan strategi perusahaan untuk menawarkan produk atau layanan dengan harga lebih murah.  Kok bisa lebih murah? Mungkin saja karena teknologi yang canggih.

Sayangnya strategi ini mungkin gak bisa tahan lama, karena kompetitor bisa membuat barang yang sama murahnya.

Idealnya sebagai entrepreneur, kita perlu mencari tahu kekuatan sekaligus hal yang membuat usaha kita berbeda. Dengan demikian customer akan menjatuhkan pilihannya kepada kita.

Sebelum menggunakan strategi diferensiasi, coba pertimbangkan hal-hal berikut ini:

– Faktor Penghalang untuk Kompetitor (Barriers to Entry)

Perusahaan yang baik selalu menjaga status dan menciptakan penghalang untuk kompetitor. Suaya apa? Ya agar kompetitor nggak mudah meniru atau menduplikasi layanan.

Contoh, perusahaan kita mampu bekerja dengan efisiensi tinggi, menggunakan teknologi terkini, selalu berinovasi dan seterusnya.

– Nama yang Sudah Dikenal (Name Recognition)

Faktor kedua ini banyak terkait dengan brand. Customer seringkali membeli barang-barang yang sudah dikenal dan percaya mutunya. Alias sudah banyak yang menggunakan.

rahasia sukses berbisnis
Wiiiih keren nih sepatuya, mau dong masbro! (Sepatu Nike / Murahgrosir)

– Juara dalam Harga (Price Leadership)

Saat ini belanja online jadi pilihan banyak orang, mulai dari beli tiket pesawat, tiket kereta api, voucher hotel, beli baju dan lainnya. Hal ini bukan hal aneh, karena transaksi online biasanya menawarkan biaya yang lebih murah.

2. Memiliki Manajemen Berkemampuan di Atas Rata-Rata

Kualitas manajemen dan orang-orang yang mengelola perusahaan jadi faktor penting yang menentukan kesuksesan bisnis. Kita dan rekan-rekan bisnis harus bekerja sebagai sebuah tim.

Manajemen yang berpengalaman nggak hanya mengikuti teknologi yang berkembang saat ini, namun mereka memiliki visi dan inovasi yang jauh ke depan. Intinya nggak berhenti belajar, mau mencoba dan berani gagal.

Sebagai entrepreneur dan pemilik bisnis, komunikasi yang efektif dengan seluruh anggota tim itu penting. Mampu mempertahankan orang-orang yang memiliki potensi dan mampu mengeluarkan orang-orang yang menjadi beban dalam manajemen.

3. Memimpin Pasar

Menjadi pemimpin dalam pasar adalah keuntungan yang nggak dimiliki oleh setiap perusahaan. Salah satu rahasia sukses berbisnis adalah memimpin pasar. Misalnya, perusahaan kita dikenal paling bagus layanannya dibandingkan dengan kompetitor.

Perusahaan kita juga paling cepat layanannya, paling murah dan lain sebagainya. Misalnya, saat ini masyarakat Indonesia kalau ingin membeli tiket hotel dan tiket pesawat terbang akan mengecek website Traveloka. Begitu juga jika ingin membeli barang-barang melalui Tokopedia atau BukaLapak

rahasia sukses berbisnis
Ayo jalan-jalan biar gak stres sama kerjaan hehehe (Traveloka / Babastudio)

So, gimana? Kira-kira sebagai entrepreneur, apakah usaha kamu sudah menerapkan strategi-strategi di atas?

Jika belum, kini saatnya mulai menata kembali bisnis kita dari meningkatkan kualitas manajemen, memperbaiki strategi perusahaan dan pelaksanannya.

Memiliki competitive advantage dan menjadi market leadership bukanlah hal yang mudah dan juga bukan pekerjaan yang bisa dikerjakan dalam waktu 1 malam. Dibutuhkan kerja keras tim, kegigihan, komitmen dan konsistensi untuk mendapatkannya.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Masalah yang Sering Dihadapi Entrepreneur dan Gimana Menyiasatinya]

[Baca: Pengin Jadi Entrepreneur di Usia Kepala 2 Coba Intip 10 Tips Ini Deh]

[Baca: Agar Anak Sukses di Masa Depan Terapkan 5 Cara Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Ini]

0 Response to "Buat Para Entrepreneur, Simak Nih 3 Rahasia Sukses Berbisnis"

Post a Comment