Skill Mumpuni yang Wajib Dimiliki Buat Membangun Bisnis yang Sukses

Skill berbisnis itu bukan the gift, tapi bisa dipelajari. Beda sama ilmu dan kemampuan akademik yang biasanya dipelajari dalam waktu singkat, skill alias ketrampilan itu butuh waktu yang lebih lama buat dikuasai.

Tengok saja faktanya. Menemukan orang dengan kemampuan akademik tinggi bukan hal yang sulit. Sekarang coba carilah orang yang punya lebih dari lima skill sekaligus pasti sedikit jumlahnya.

Sering kali porsi meraih kesuksesan berbisnis lebih banyak ditopang dari skill. Jadi tak heran kalau orang yang menguasai skill berbisnis rata-rata menduduki tempat terhormat. Kadang-kadang jadi benchmark orang-orang yang ingin sukses.

Lalu? Ya hukumnya wajib kuasai beberapa skill bisnis untuk menunjang kesuksesan. Jangan sekadar andalkan modal gede doang. Mau tahu apa saja skill yang wajib dipelajari buat membangun bisnis yang sukses?

1. Komunikasi

Pernah perhatikan gaya komunikasi pebisnis tulen? Pasti beda dengan orang kebanyakan. Isi pembicaraan pebisnis pasti lebih berisi dan berbobot.

Dia mudah memengaruhi orang lain, piawai memilih kata yang tepat, dan sanggup membangun suasana. Keahlian berkomunikasi ini tak didapat di bangku sekolah tapi berasal dari kebiasaan.

Membangun Bisnis yang Sukses 1
Kalau komunikasi gak lancar gimana bisa menyampaikan pesan dan kesan? (Meeting/blogspot)

2.Negosiasi

Berbisnis itu pasti melibatkan pihak lain. Di sinilah betapa skill bernegosiasi menjadi begitu vital. Seorang pebisnis sebaiknya terbiasa mendengarkan, mempelajari situasi, mengidentifikasi, dan menemukan konsensus bersama.

Selain itu, pebisnis yang andal bakal menghindari membangun negosisasi yang bersifat intimidatif. Sebaliknya, dia akan mencari opsi-opsi yang win-win solution karena sadar sifat menang sendiri akan merugikan di masa depan.

3. Kemampuan manajerial

Kemampuan managerial seseorang gampang terlihat dari caranya mengkoordinisasikan orang-orang di sekeliling sekaligus memaksimalkan potensinya.

Caranya mengkoordinasikan itu akan tertuang dalam sistem. Sistem tersebut yang membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien sehingga mudah mencapai produktivitas.

Kemampuan ini bakal teruji di saat-saat kritis. Bagaimana mengambil keputusan yang tepat di saat yang tepat tanpa mengorbankan orang lain. Perlu diingat, berbisnis itu selalu melibatkan orang lain.

4. Kemampuan menjual

Berbisnis itu selalu dekat dengan urusan jual-menjual. Pada poin inilah pebisnis mesti menguasai kemampuan yang satu ini. Lewat marketing skill, merumuskan strategi penjualan sampai mengidentifikasi konsumen bakal lebih mudah.

Bahkan pebisnis yang sudah khatam marketing skill-nya mampu mendikte pasar. Dia jago membangun saluran-saluran yang paling tepat agar produknya mudah diakses konsumen. Di saat bersamaan, kompetitornya akan menjadikan dia benchmark terhadap produk yang serupa.

Membangun Bisnis yang Sukses 2
Kemampuan manajerial dalam hal keuangan itu juga penting. (sistem keuangan/tommcifle)

5. Solutif

Tak selamanya bisnis berjalan mulus. Ada kalanya muncul masalah yang membuat bisnis tersendat bahkan terancam. Momen-momen inilah yang akan menempa skill memecahkan masalah diuji.

Menemukan jalan keluar yang cedas dalam tempo singkat menjadi bukti skill satu ini sudah dikuasai. Masalah bukan untuk dimusuhi atau pun diakrabi seorang pebisnsi tapi dikelola.

6. Kontrol emosi

Jangan lupa kuasai juga kontrol emosi. Pebisnis tulen akan selalu mengandalkan keputusannya pada hal-hal yang rasional bukan emosi. Kadang kala emosi malah membuat semua rencana berantakan. Benefit lain dari penguasaan terhadap emosi adalah mampu berpikir dengan jernih.

7. Mengatur arus kas

Poin satu ini enggak kalah penting agar bisnis terus berputar. Impossible sebuah usaha bisa jalan dan tumbuh tanpa ada profit. Ingat ya, ini bisnis yang mengejar untung bukan organisasi sosial.

Menggerakkan usaha pasti butuh uang tunai. Di sinilah skill dibutuhkan agar uang itu dialokasikan secara tepat dan menghindari pemborosan yang tak perlu.

Ingat petuah orang bule, money is not everything but almost everything needs money. Jadi berpikirlah menggunakan uang dengan bijak dan perlakukan dia dengan baik seperti pacar yang setia.

Membangun Bisnis yang Sukses
Ide kadang datang tanpa dinyana, tinggal kita mengolahnya saja (menjadi kreatif/blogspot)

8. Inovatif dan kreatif

Enggak pernah lelah berinovasi dan kreatif. Ini adalah skill yang setiap saat mesti dilatih. Berani beda dalam membuat usaha yang digeluti tampil lebih unik dan punya diferensiasi dari yang lain.

Memang tak mudah punya semua skill itu sekaligus. Tapi bukan berarti hal yang tak mungkin. Sekali lagi ditekankan, semua skill itu bisa dipelajari dan dikuasai. Tinggal pertanyaannya, apakah bersedia belajar? Orang yang sukses pasti paham yang namanya belajar itu tak pernah ada kata berhenti!

 

Yang terkait artikel ini:

Manfaatkan Usia Produktif untuk Belajar Punya Bisnis Sendiri

Kisah Inspiratif 5 Pengusaha Muda Usia 20 Tahun yang Bisa Kamu Tiru

3 Poin yang Mesti Dikuasai Pebisnis UKM

0 Response to "Skill Mumpuni yang Wajib Dimiliki Buat Membangun Bisnis yang Sukses"

Post a Comment