Berbuat Baik Wajib, Tapi Hati-hati Kalau Selalu Dimanfaatkan Teman

‘Eh Sar gue lupa ambil duit di ATM, pinjem dulu ya, besok gue ganti di kantor.’ Kalimat sakti kayak gini nongol dengan dua kemungkinan. Pertama, memang lupa belum ambil duit cash atau kedua, modus biar gak ngeluarin duit.

Sarah emang terkenal baik banget dan punya sifat yang royal. Jarang banget deh tuh nolak teman yang sengaja pinjam duit atau bercanda (baca serius) minta dibayarin makan. Baik sih, tapi sehat gak tuh buat keuangan Sarah?

Jangan-jangan di akhir bulan shock berat karena gak ada duit sisa buat nabung atau gak bisa beli barang yang udah direncanain.

Berbuat baik sama teman emang penting dan wajib ya sebagai makhluk sosial, tapi gak gitu juga kelesss. Oke deh untuk teman yang emang lagi membutuhkan sih wajar, tapi gimana kalau cuma modus dan kebaikan kita selalu dimanfaatkan teman?

Kebaikan apa saja sih yang kalau kelewatan bisa bikin keuangan pribadi morat-marit?

1. Kelewat baik minjemin duit

Kebiasaan pinjam-meminjam duit di antara teman emang sudah jadi salah satu kebiasaan yang mendarah-daging di belahan dunia mana pun. Sebenarnya gak salah-salah banget kok minjemin duit ke teman, tapi please lihat-lihat dulu.

selalu dimanfaatkan teman

 Gak cuma smartphone, modus jaman sekarang juga semakin canggih (Modus / Blogspot) 

Lihat apa? Gini gambarannya, kamu sudah menyisihkan semisal Rp 1 juta untuk tabungan plus dana darurat, tiba-tiba ada teman yang mau pinjam Rp 1 juta. Tanya dan cek dulu deh alasannya pinjam duit.

Iya kalau emang butuh buat berobat atau talangin kirim ke si mbok di kampung. Jangan pinjemin kalau ternyata dia cuma butuh tambahan buat beli gadget model terbaru.

Saat kamu mengabaikan alasan teman pinjem uang sampai mengesampingkan kebutuhan kamu sendiri, bisa jadi tabungan kamu bakal gak ada peningkatan nominal. Ini artinya kamu makin jauh dengan tujuan keuangan di masa mendatang.

2. Sering traktir makan

Berbagi kebahagiaan saat gaji naik atau dapat undian berhadiah Rp 5 juta pasti bikin hati senang bukan kepalang. Rasanya pengin berbagi ya. Boleh aja sih traktir teman-teman terdekat, tapi kalau kebiasaan traktir itu dilakuin sering-sering bisa amsyong bro!

Bikin orang lain senang emang pahalanya gede, tapi jangan sampai kamu maksain. Kalau emang budget traktir cuma untuk 10 orang, ya udah pilih-pilih aja. Itu hak kamu kok mau traktir siapa.

Tambahan nih bro, traktirannya juga jangan yang mahal, dapet hadiah Rp 10 juta bukan berarti harus dihabisin. Tentuin aja budget traktir 10 orang Rp 1 juta misalnya.

3. Membiarkan barang-barang dipinjam

Sayang itu jangan cuma sama pacar atau gebetan, sama barang-barang yang kamu punya juga dong. Sayang di sini maksudnya tuh jangan gampang pinjemin barang ke orang lain, apalagi yang kamu beli dengan darah dan keringat, etdah serem amat!

selalu dimanfaatkan teman

 Perkara pinjam meminjam memang rumit kalau antar teman (Orang Arab / Malesbanget) 

Katakanlah kamu masih menyimpan handphone lama hasil jerih payah kamu bekerja selama 6 bulan. Lalu ada teman yang tahu dan mau pinjam dengan alasan handphonenya lagi diservice. Oke, kamu boleh aja minjemin, tapi pastikan setelah handphonenya selesai diperbaiki, minta temanmu mengembalikan hp kamu dengan keadaan utuh.  

Jangan terlalu membebaskan waktu pengembalian, tegaskan sama teman kamu, walau sudah gak dipergunakan handphone itu berharga buat kamu. Supaya teman kamu juga bisa menghargai barang milik orang lain.

4. Selalu membeli

Zaman sekarang pasti banyak teman kamu yang punya side job jualan. Mulai dari jualan makanan kecil, baju, sepatu, jam tangan sampai kosmetik.

Niat untuk mendukung teman yang punya side job jualan dengan membeli dagangannya gak salah kok. Tapi gak semua teman yang datang menawarkan harus kamu beli ya.

Contohnya saja, Dewi lagi seneng banget jualan produk makanan yang semuanya berbahan dasar durian. Kamu bukan pecinta durian, begitu pula orang di rumah. Gak perlu maksain diri beli jualan Dewi dong kalau ujung-ujungnya busuk atau kamu berikan ke orang lain yang doyan.

selalu dimanfaatkan teman
Kalau semua temanmu entrepreneur dan menawarkan semua dagangannya, apa iya mau dibeli semua? (Belanja / claralafashionista)

Kalau hanya sesekali sih gak apa-apa kamu sengaja beli buat teman satu tim yang semuanya doyan durian. Tapi kalau sering-sering rugi bandar lah yaw! Ngapain beli kalau kamu gak pernah bisa menikmati.

Mungkin ada beberapa kebiasaan berbuat baik ke orang lain yang kalau sering dilakukan bukan gak mungkin bikin dompet meringis. Memikirkan orang lain itu baik, membuat orang lain senang juga baik, tapi ingat kadarnya aja.

Diri kita sendiri juga berhak memperoleh yang terbaik dan bahagia, oke bro!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Niatnya Menghemat Pengeluaran Bulanan, Tapi Cara Ini Justru Bikin Kamu Rugi]

[Baca: Stop Isi Keranjang Belanja Supermarket dengan Barang yang Bisa Kamu Bikin Sendiri]

[Baca: Pengeluaran Impulsif Bisa Bikin Keuangan Jadi Amburadul]

0 Response to "Berbuat Baik Wajib, Tapi Hati-hati Kalau Selalu Dimanfaatkan Teman"

Post a Comment