Punya Sifat Penyendiri dan Kurang Gaul Jangan Takut Gak Bisa Sukses

Zaman sekolah, kuliah dan bahkan di tempat kerja perhatiin deh, pasti ada si pendiam yang ngapain aja sendirian. Makan siang sendiri, pulang kantor gak pernah ikutan nongkrong. Nama lainnya kaum introvert.

Sabar dulu deh! Jangan langsung kasih tudingan negatf bagi orang-orang yang kayak gitu. Ada hal-hal positif juga kok yang bisa dipelajari dari mereka.

Ingat, Tuhan itu Maha adil. Manusia punya kekurangan pasti juga punya kelebihan. Punya sifat suka menyendiri dan sulit bergaul juga bisa jadi orang sukses layaknya mereka yang ekstrovert.

Berikut 6 sisi positif dari orang-orang yang introvert alias suka menyendiri dan kurang gaul.

1. Punya waktu lebih banyak

Dengan sifatnya yang lebih memilih untuk sendiri, orang introvert punya waktu lebih banyak dan tenang untuk berpikir. Kemampuan yang kayak gini bikin mereka cenderung jadi pengambil keputusan yang baik.

punya sifat penyendiri
Punya waktu lebih banyak untuk tenang itu bagus. Kamu pasti lebih suka punya bos yang tenang kan daripada yang grasak grusuk? (Jam/Time Pic)

Kenapa? Ya karena keputusan yang diambil sebagian besar murni dari pertimbangan sendiri. Gak ada intervensi alias campur tangan pihak lain. Hal ini penting buat mereka yang berada di level top manajemen yang sering dihadapkan dengan hal-hal seperti itu.

2. Pendengar yang baik

Terbiasa dengan keheningan juga membuat orang introvert bisa menjadi pendengar yang baik. Mendengar di sini bukan dalam arti masuk kuping kanan keluar kuping kiri loh. Tapi, benar-benar mendengar keluh kesah atau cerita dan memahaminya.

Kebanyakan orang ingin jadi yang didengar, bukan mendengar. Tonton saja acara debat di televisi. Gak sedikit yang dimulai dengan adu argumentasi berubah jadi adu jotos.

Orang introvert dominan dengan sikap sabar dan tenang. Gak hanya menjadi pendengar, mereka juga pada akhirnya bisa memberi solusi yang tepat.

3. Berbakat di industri kreatif

Menghabiskan waktu sendiri bikin seseorang cenderung bisa berimajinasi. Eits, bukan ngelamun jorok ya. Tapi, lebih ke memikirkan banyak hal lebih luas dan menganalisa dengan tenang serta akal sehat. Dengan kata lain mereka berbakat di industri yang kreatif.

Banyak ide-ide ciamik yang bermunculan saat sedang menyepi. Ibaratnya suara hati pun bisa terdengar jelas ya. Gak heran kalau orang-orang yang punya sifat begini punya bakat jadi penulis, pelukis, komposer dan profesi kreatif keren lainnya.

4. Lebih mandiri

Karena lebih suka menyendiri, otomatis mereka jadi pribadi yang lebih mandiri. Ini karena mereka terbiasa melakukan semua sendiri. Gak tergantung sama orang lain dan gak lebih punya inisiatif tinggi.

punya sifat penyendiri
Nggak bergantung sama orang lain itu bagus banget. Bisa mencari solusi sendiri dan lainnya. (Perempuan di pantai/New Concept CTI)

Sikap yang kayak gini dibutuhin saat harus bekerja di perusahaan yang gak ada timnya alias bekerja secara individu. Atasan juga jadi lebih bisa menilai performa kerja masing-masing individu.

5. Pergaulan terjaga

Orang introvert biasanya lebih memilih berdiam diri di rumah atau pergi ke sebuah tempat yang jauh dari hiruk pikuk  Minim resiko dari pengaruh pergaulan yang gak baik seperti gaya hidup konsumtif dan hingar-bingar lainnya.

Nah, frekuensi jarang bertemu dengan orang banyak inilah yang bikin orang introvert terhindar dari pengaruh pergaulan negatif.

6. Pengendalian diri

Soal pengendalian diri jangan ditanya. Walau bukan jadi jaminan tapi orang yang suka menyendiri biasanya lebih sabar.

Mereka gak mudah terpancing emosi atau melakukan sesuatu secara impulsif yang bisa merugikan diri sendiri.

punya sifat penyendiri
Mereka punya pengendalian diri yang baik, termasuk konsentrasi yang baik. Kamu pun bisa melatih pengendalian diri atau konsentrasimu biar kayak mereka dengan meditasi (Meditasi/Daily Read Articles)

Manusia memang mahluk paling istimewa sekaligus unik. Banyak ragamnya. Yang pasti gak ada manusia yang sempurna. Ada kekurangan tapi pasti punya kelebihan. Orang introvert memang kurang fleksibel dalam menjalin network. Mereka juga punya kendala dalam komunikasi interaktif.

Stigma masyarakat secara umum tentang orang introvert adalah ‘kuper’ bahkan ada yang bilang ‘aneh’. Namun ternyata di balik sifat orang introvert, ada hal-hal yang bisa kita pelajari loh buat jadi insipirasi kesuksesan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Sukses Itu Milik Siapa Saja, Lihat Tuh Bu Susi Pudjiastuti, Asalkan…]

[Baca: Kerja Tim atau Sendiri, Siapa Takut! Simak yang Ini Deh]

[Baca: 10 Langkah Mendidik Anak Agar Mandiri dan Punya Semangat Usaha]

0 Response to "Punya Sifat Penyendiri dan Kurang Gaul Jangan Takut Gak Bisa Sukses"

Post a Comment