Ini Dia Saat yang Tepat Jaminin Aset Usaha Buat Ekspansi Bisnis

Usaha sudah jalan dan maju, apa lagi yang mesti dilakukan kalau bukan berekspansi. Tapi keputusan ekspansi usaha bisa jadi sangat berat diambil.

Alasannya klasik: modal terbatas. Namun alasan yang klasik itu mudah saja diatasi dengan cara yang klasik juga: cari pinjaman.

Dalam hal ini, jenis kredit yang paling pas adalah pinjaman multiguna alias kredit dengan agunan. Kenapa bukan kredit tanpa agunan?

Kredit tanpa agunan alias KTA adalah dana yang dipinjamkan bank atau lembaga keuangan lainnya tanpa ada jaminan. Artinya, kita gak perlu memberikan aset misalnya rumah atau usaha itu sendiri untuk mendapat dana.

buat ekspansi usaha
Karena ekspansi bisnis itu butuh modal besar, kredit multiguna bisa jadi solusi (ekspansi bisnis/The Global Business Advisor)

Konsekuensinya, nominal dana yang diberikan lebih sedikit. Sementara itu, bunga relatif besar dan jangka waktu cicilan atau tenor lebih pendek.

KTA lebih sering digunakan untuk kebutuhan mendadak, misalnya nambahin biaya masuk sekolah anak atau renovasi rumah. Sebab, pencairannya terhitung cepat.

Untuk usaha, kredit multiguna lebih tepat karena nominalnya lebih besar. Durasi peminjaman pun lebih lama, sementara bunga bersaing.

Jadi, kita bisa mengalokasikan dana itu sebaik-baiknya untuk kelangsungan usaha. Sembari usaha berjalan, kita dapat mencicil kredit dengan hasil usaha.

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu jaminan yang bisa diberikan untuk mendapatkan kredit adalah aset usaha. Yang jadi pertanyaan, kapankah saat tepat menjaminkan aset usaha itu?

Progres Usaha

Pertama-tama, baiknya kita melihat dulu progres usaha yang kita jalankan. Benarkah usaha itu siap diekspansi?

Tidak ada rumus hitungan resmi kapan suatu usaha dinyatakan bisa diperluas. Namun kita bisa melihat faktor-faktor yang berpengaruh, antara lain:

1. Laba usaha

Jika laba sudah stabil didapat, apalagi dalam tren meningkat, bisa jadi itulah saat yang tepat untuk ekspansi usaha. Lebih bagus lagi jika sudah balik modal.

buat ekspansi usaha
Kalau laba bisnis kamu udah TOP banget nih, ya kenapa nggak ekspansi? Bisa jadi dengan ekspansi bisnis kamu jadi makin mantap (Ilustrasi dua jempol/Coachella)

Adanya kenaikan laba menandakan usaha berjalan dengan baik. Terlebih ketika ongkos yang dikeluarkan sudah berhasil tertutup.

2. Utang lain

Ketika hendak menjaminkan aset usaha buat ekspansi bisnis, berarti kita hendak menambah utang. Lihat dulu, masih ada utang lain gak yang mendesak dilunasi.

Sangat tidak disarankan untuk menambah utang ketika  masih ada utang lain. Selesaikan dulu utang tersebut, meski tidak tertutup kemungkinan utang yang baru bisa digunakan untuk melunasi utang yang lama.

Itu namanya restrukturisasi utang. Dalam kasus ini, kita mesti berhitung soal bunga utang yang baru dibanding bunga utang lama. Sebisa mungkin cari bunga yang lebih kecil, agar strategi restrukturisasi berjalan.

3. Yakin mampu?

Saat hendak menjaminkan aset usaha buat ekspansi bisnis, artinya kita mempertaruhkan usaha yang telah kita rintis. Yakin bisa membuat usaha lebih berkembang setelah mendapat kucuran kredit baru?

buat ekspansi usaha
Ekspansi itu ibarat taruhan atau judi. Intinya, harus yakin dulu kalau bisnis akan berkembang setelah ekspansi (ilustrasi percaya diri/Tiny Buddha)

Bila salah perhitungan, bisa-bisa bukan hanya usaha yang ambruk. Seluruh aset yang jadi jaminan bakal disita bank! Yang berarti gak ada lagi sumber daya di tangan untuk membangun usaha baru.

Jaminan Aset Usaha

Jika ketiga faktor di atas sudah dicermati, saatnya melihat aset usaha yang bisa dijaminkan. Umumnya, segala macam aset usaha bisa dijaminkan.

Misalnya bangunan usaha dan kendaraan. Namun bukan lantas kios segenteng-gentengnya atau mobil boks ditahan bank selama pinjaman belum lunas.

Kita cukup memberikan surat-surat bukti kepemilikan aset tersebut ke bank. Kalau kios ya berarti sertifikat hak miliknya. Bila kendaraan, ya BPKB yang diberikan. Tinggal kitanya mau menjaminkan aset usaha apa. Tapi ingat kalau aset itu baru bisa kembali ke pelukan setelah pinjaman dilunasi.

Inilah titik krusial untuk menentukan saat tepat menjaminkan aset usaha buat ekspansi bisnis. Jika memang yakin, lakukan. Peluang mungkin hanya datang sekali, lho. Manfaatkan selagi ada!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 6 Keuntungan Pengajuan Kredit Multiguna dengan Jaminan Surat Kendaraan?]

[Baca: Utang untuk Usaha Boleh Saja, Tapi Jangan Sampai Mengantarkanmu ke Jurang Kebangkrutan]

[Baca: Waralaba Bisa Jadi Sarana Ekspansi Bisnis yang Menguntungkan, Simak Ini Deh]

 

0 Response to "Ini Dia Saat yang Tepat Jaminin Aset Usaha Buat Ekspansi Bisnis"

Post a Comment